Dengan Pendidikan Agama Implemetasi Sain dan Teknologi Akan Terarah Kepada Kebaikan Masyarakat dan Bangsa

Minggu, 15 November 2009

Manfaat Garam

Manfaat garam.

Garam ternyata banyak manfaatnya. Disamping untuk memberi rasa asin pada makanan garam juga ternyata dapat dijadikan pupuk dan penyegar tanaman..apa bila anda punya tanaman mangga yang hampir berbuah namun tiba-tiba layu dan tampak kuning sehingga bunga yang tandinya malu-malu muncul eh..tiba-tiba rontok. Nah …ambil karam kira-kira 1 kilogram campur dengan air…siramkan ke batang dan akar pohon terbut …lihat beberapa hari kemudian…pohon akan tampak segar kembali ini karena garam juga mempunyai fungsi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang seperti oralit….ingatkan cara membuat oralit..kan pake garam iya toh…nah kemudian ketika kita terluka karena panas dan terbakar…ambil garam dan olesi ditempat yang teluka..muh-mudahan cepat baikan…nah ini yang lebih aneh lagi fungsi garam untuk membuat tamu tidak betah dirumah kita….ini dambil dari cerita rakyat orang jepang untuk membuat tamu hnay mampir untuk sekedar jajan di restoran mereka,..merekan menempatkan semangkok garanm di dua sisi pintu masuk..itu kepercayaan mereka ..tetapi ini meamng bisa jadi hal betul garam dapat membuat tamu tidak betah di dalam rumah..caranya mabil garam satu kilo dan taburkan ke arah tamu atau di berikan ke air minumannya..pasti dehtamu tidak betah…hemmm he he he…canda aja nih…

bekal makanan untuk keluarga


Acara memasak untuk keluarga :

Membuat makanan cukup gisi protein dan karbihidrat serta mineral untuk bekal anak dan keluarga disaat keluar rumah. Ini merupakan pengalaman pribadi saat menjadi koki di sebuah restoran jepang….melihat berbagai menu makanan sehat sederhana dan mengenyangkan untuk ukuran orang Indonesia..pilihan terbaik dan cepat jatuh pada menu nasi ONIGIRI..nasi onigiri bisa terbuat dari berbagai jenis dan isi tergantung dari isi kantng kita dan dari keinginan mau makan apa kita pada pokoknya adalah lemper ala jepang karena sama dengan lemper bedanya lemper panjang dan onigiri bisa bulat atau kotak….nah loh…cara membuat oni giri : bahan nasi atau gohan dalam bahasa jepang..nori atau kertas rumput laut atau biasa disebut klertas ikan…garam…dan untuk isinya bisa engguankan bahan sebagai berikut : daging sapi, paprika, daun bawang…..tumis daging dan paprika.serta daun bawang..tumis dengan minyak wijen sampai harum…tambah sedikit soyu tiram atau teriyaki bisa beli dipasar…setelah harum dan matang angkat…sekarang cuci tangan anda bersih..masukkan tangan dalam garam hingga ada garam menempel rata ke tangan kita…ambil nasi…ratakan tipis seperti kita mau membuat adonan pissa…masukkan daging tumis secukupnya gulung nasi hingga menjadi bola nasi…setelah itu bungkus dengan nori….buat kira-kira 4 gulungan untuk 1 porsi orang makan..dijamin gizi ada terlalu kenyang enggak sehat dan jangan lupan minum susu segar…setelahnya…wuih..mantabbbb

Teknologi Informasi dan komunikasi untuk dunia pendidikan.

Jika ada teknologi informasi tentunya harus ada ilmu pengetahuan informasi.

Apa beda teknologi dengan ilmu pengetahuan ?

Teknologi menggunakan ilmu pengetahuan sebagai dasarnya. Teknologi mempunyai batasan.

Teknologi berhubungan dengan nilai ekonomis.

Teknologi informasi adalah penggunaan alat untuk mendukung pengolahan informasi.

Contoh teknologi informasi : sempoa, kalkulator dan komputer.

Keuntungan teknologi informasiq cepat tepat dan akurat

Kerugian teknologi informasi : no human interaction dan depent on Machinee-Education adalah penggunaan teknologi informasi pada bidang pendidikan. Format penyampaian melalui : multimedia cd-rom, internet/web based, e-mail/mailing list

Model Pendidikan :

Saat ini model klasikan pengajaran terpusat pada instruktur. Semua tergantung pada intruktur. Ide kreatifitas siswa terbatasi oleh data pengajran oleh instruktur.

Pendidikan model e-education, pengajaran terpusat pada leaner (yang belajar). Kreatifitas dan inovasi serta berbagai hal ayng dihasilkan tergantung dari keinginan dan kemauan dari pelajar. Emmbangun pelajar dan cerdas mandiri. Kelemahan tidak adanya system interaksi ayng aik antara siswa dengan siswa dan antara siswa dan guru, mematikan pokok-pokok cirri khas kebudayaan Indonesia yang ramah, sopan dantun dan berbudi pekerti luhur.

setting terpenting BIOS

delapan setting klasing yang selalu berguna :
1. matikan perangkat yang tidak digunakan artinya kita harus disable-kan itu perangkat onboard
yang enggak on.
2. mematikan floppy drive seek..nih hanya butuh waktu lamain komputer loading aja.
3. mematikan virus warning..karena ini sebenarnya tidak berfungsi..dan menangkal virus hanya
berfungsi dari antivirus aja.
4. hidupkan quick power on self test..karena enggak mungkin terus dilakukan kalo komputer kita
udah stabil
5. mengaktifkan flash bios protection
6. menggunakan PS/2 mouse function control
7. mengguankan onboard IR Function
8. mengatur FSB Speed spectrum...setting 1% dalam operasi normal

Kamis, 12 November 2009

Cara Membuat Tulisan Berkedip-kedip

Membuat tulisan berkedip - kedip ...itu toh ikutin aja caranya seperti ini :
Ketik:
code ...teks yang akan berkedip-kedipjadinya seperti ini :

teks yang akan berkedip-kedip

. Kelihatannya dikit ya..kok gampang banget gitu ya tinggal ketik gitu doang..iya em-em..selamat dicoba ya..sebelum teks ketik kodeterus ketik teksnya dan tutup deh dengan

Selasa, 10 November 2009

Kepentingan Orang Lain Diatas Kepentingan Pribadi

Al kisah ada seorang hamba allah yang mempunyai kepala kambing, ketika hendak memakannya di teringat akan audaranya maka diberikanlah kepala kambing itu ke saudaranya yang membutuhkan. begitu pula dengan saudara yang diberi kepala kambing tersebut, ketiuka hendak makan dia teringat saudaranya yang mungkin lebih membutuhkan dari pada dia maka dikasihkanlah kepala kambing tersebut buat saudaranya. ketika hendak mau makan saudara yang tadi diberi kepala kambingpun teringat akan saudaranya ayng mungkin membutuhkannya, maka diberikannya kepala kambing tersebut pada saudaranya yang lebih membutuhkan. begitu seterusnya hingga akhirnya kepala kambing tadi kembali kepada yang punya pertama kali. subhanallah...itulah hendaknya pribadi kita pada saat ini..

Minggu, 08 November 2009

Melatih Kepekaan Penguasaan Energi

Cara melatih kepekaan kita dalam merasakan energi dan getaran energi lain disekitar kita. ini dimaksudkan selain untuk mengenal energi lain juga untuk endeteksi adanya gangguan kesehatan pada tubuh kita dan orang lain sehingga kita dapat dengan segera untuk mengusahakan pengobatan dan terapi penyakit.
Caranya temukan 2 telapak tangan didepan badan anda dalam posisi anda sedang duduk bersila. Tarik nafas dan salurkan ketelapak tangan rasakan adanya getaran dorongan dari kedua telapak tangan kita...tahan nafas untuk konsentrasi apabila sudah didapat dan merasakan adanya dorongan seperti kita menekan balon..nafas dilepaskan dan terus dirasakan adanya getaran energi dari kedua tepak tangan..sekarang jauhkan telapak tangan dan rasakan terus sampai sejauh mana anda dapat nmeraskan getaran energi tersebut..nah sekarang geser telapak tangan anda salah satunya..rasakan bedanya adanya telapak tangan yang saling berhadapan dan adanya hanya satu telapak tangan dan apabila anda sudah tahu bedanya..beri kesimpulan sendiri sejauh mana anda menguasaai kepekaan untuk merasakan energi.
begitu juga dengan penyakit...ketika kita mendeteksi sebuah penyakit, ambil nafas tahan dan rasakan adanya dorongan energi dari penyakit..rasakan adanya gelombang panas yang ditimbulkan oleh penyakit rasakan juga ditempat lain yang tidak ada penyakit..bagaimana perbedaannya..ketika ada penyakit rasakan ada sesuatu yang seperti menusuk tangan kita..panas..seperti tangan kita kena silet..cekit-cekit sakit dan seperti kita memegang buah berduri..rsakan bedanya dengan yang tanpa ada penyakit..latih begitu seterusnya hingga kita terbisa mendeteksi suatu penyakit...

Selasa, 03 November 2009

Sejarah Komputer

Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.

Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan UniversityPennsylvania . Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. of

Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut.

Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.

Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data.

Generasi Kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputerkomputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.

Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini

Generasi Ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Generasi Keempat

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputerkomputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar

Generasi Kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.