Dengan Pendidikan Agama Implemetasi Sain dan Teknologi Akan Terarah Kepada Kebaikan Masyarakat dan Bangsa

Kamis, 29 April 2010

Siapa Bersama Kita

Ingatkah kita saat kita merenung sendiri..jalan-jalan sendiri..tidur kita juga sendiri walau ditemani..dan lebih lagi saat kita mati..kita kan dikubur sendiri..adakah ketakutan kita dalam pemahaman manusia bahwa kita ini tidak sendiri..sehingga kita selalu tenang menghadapi semua ini..tenang menghadapi kesulitan dan tenang serta takut menghadapi rasa gembira..takut kita saat kesedihan ditimpa kemalangan itu wajar..karena kita manusia lemah yang butuh orang lain..tapi takut kita saat kita senang ..gembira banyak nikmat itu...yang jarang kita lakukan..kita takut kalu banyak nikmat akan banyak pula tanggung jawab kita..akan banyak pula pertanyaan saat malaikat dikubur menginterogasi kita tentang banyaknya nikmat yang kita dapat..kita takut dengan banyak nikmat mengurangi ingat kita kepada yang memberi..kurang ingat kita kepada saudara kita yang kekurangan..kita takut karena menikmati semua itu kita jadi lupa segalanya..dan ingatlah..seperti firman Allah dalam surat Al-Hadid ayat 4 :

"Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ´arsy[1453] Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya [1454]. Dan Dia bersama kamu di mama saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan."

Ket Ayat :
[1454]. Yang dimaksud dengan yang naik kepada-Nya antara lain amal-amal dan do´a-do´a hamba.

Sesungguhnya apabila kita selalu istikomah dan ingat bahwasannya Allahlah yang selalu bersama kita maka perbuatan tidak baik dan dosa niscahya akan selalu kita jauhi. maka dari itu ingatlah Allah dalam tidur dan bangunmu agar engkau selamat..

Rabu, 28 April 2010

Kisah Nabi Isa A.S

NABI ISA A.S.

Ibu Nabi Isa A.S. bernama Maryam (tidak berayah atas kekuasaan Allah) dan tidak seperti manusia biasa yang mempunyai ibu bapak. Keanehan kelahiran beliau ini adalah untuk menjadi ujian kepada manusia, apakah manusia tidak akan percaya kepada kekuasaan Allah. Orang¬orang yang beriman percaya atas kelahiran Isa A.S. tanpa ayah. Roh yang ditiupkan oleh Malaikat Ruhulqudus, roh yang suci ke dalam kandungan Siti Maryam, sehingga lahir seorang bayi laki-laki yang setelah dewasa diangkat oleh Allah menjadi menjadi seorang rasul.
Adapun orang-orang yang kafir kepada Allah tidak percaya, sehingga Isa disebut anak Allah. Maha Suci Allah dari beranak dan Tuhan tidak ada yang menyerupai-Nya seorang pun.
Pada tahun 622 sebelum Hijriah atau disebut tahun Masehi, lahirlah Nabi Isa A.S. Ibunya bernama Siti Maryam. Ibu Maryam bernama Hannah isteri Imran yang sejarahnya telah diceritakan dalam sejarah Nabi Zakaria. Maryam di waktu ked I diasuh oleh keluarga Nabi Zakaria.
Maryam adalah seorang wanita yang salehah. Pada waktu ia gadis remaja, datanglah malaikat Jibril memberi kabar kepadanya. Malaikat tersebut datang menyerupai manusia. la memberi kabar kepada Maryam bahwa ia akan memperoleh seorang bayi laki-Iaki. Maryam kemudian berkata: ''Jauhlah engkau dari sini dan aku berlindung kepada Allah atas kejahatan yang akan terjadi dan aku takut kepada Allah."
Malaikat menjawab, seperti yang tersebut di dalam AI Qur'an surat Maryam ayat 17 sampai 21:
Artinya:
Dibuatnya dinding antaranya dan antara mereka itu. Kemudian Kami utus kepadanya seorang Malaikat fibril, lalu ia lupakan dirinya sebagai manusia yang sempurna. (QS. Maryam: 17)
Artinya:
Berkata Maryam: "Sesungguhnya saya berlindung kepada Tuhan yang Penyayang dari kejahatan engkau, jika engkau orang yang takut kepada-Nya." (QS. Maryam: 18)
Artinya:
Sahut Malaikat: "Sesungguhnya saya seorang utusan Allah karena hendak memberi engkau anak yang bersih." (QS. Maryam: 19)
Artinya:
Jawab Maryam: "Bagaimana saya akan memperoleh seorang anak, sedang seorang manusia pun tak pernah menyentuh tubuh saya dan saya bukan pula seorang yang jahat." (QS. Maryam: 20)
Artinya:
Berkata Malaikat: "Demikianlah halnya. Tuhan engkau telah berfirman: "Perkara itu amat mudah bagi-Ku, supaya Kujadikan suatu tanda kekuasaan kepada manusia dengan rahmat-Ku. Adalah kejadian itu suatu perkara yang diluluskan." (QS. Maryam: 21)

A. Siti Maryam Mengandung

Siti Maryam mengandung, makin lama makin besar kandungannya.
GemparIah penduduk kampung yang melihat seorang anak gadis telah hamil. Persangkaan mereka, tentulah Maryam telah berbuat serong dengan seorang laki-Iaki. Oleh karena itu bertubi-tubilah pertanyaan orang kepada Maryam dengan segala ejekan dan hinaan. Bahkan ada pula di antaranya yang berkata: "Hai Maryam, bukankah orang tuamu orang baik-baik, tetapi mengapa engkau sampai seperti itu?"
Pada waktu kelahiran Nabi Isa A.S. sudah dekat, Siti Maryam berhijrah ke daerah lain. la menjauh dari keluarga dan orang sekampung, karena tidak tahan mendengar ejekan-ejekan.
Dalam perjalanannya, ia berhenti di sebuah pohon tamar. Beliau duduk merasakan sakit, saat untuk melahirkan sudah terasa. Beliau berdoa kepada Allah supaya Allah mematikannya sebelum lahir anaknya itu, karena Maryam tidak kuat mendengar cad maki orang-orang terhadap dirinya.
Allah berfirman di dalam AI Qur'an surat Maryam ayat 22-26:
Artinya:
Maka hamillah Maryam, lalu ia berpindah ke tempat yang jauh dari keluarganya. (QS. Maryam: 22)
Artinya:
Maka bemaunglah ia di bawah pohon tamar, tengah sakit melahirkan anak, seraya berkata: "Aduh, hai nasibku, lebih baik aku mati sebelum ini, tentu aku dilupakan oleh manusia selupa-lupanya." (QS. Maryam: 23)
Artinya:
Maka Jibril pun menyerunya ketika itu, sedang Jibril berada di sebelah bawahnya: "Jangan engkau berduka cita. Sesungguhnya Tuhan engkautelah menjadikan seorang yang berpangkat tinggi (Isa A.S.) di bawah penjagaan engkau." (QS. Maryam: 24)
Artinya :
Goyangkanlah pohon tamar itu, niscaya gugur buahnya yang masak buat engkau makan. (QS. Maryam: 25)
Artinya:
Makanlah, minumlah dan senangkanlah hati engkau! Jika engkau lihat seorang manusia yang bertanyakan anak engkau, katakanlah:
"Sesungguhnya saya telah bernazar kepada Tuhan akan berpuasa, clan tiada berbicara dengan manusia pada hari ini." (QS. Maryam: 26)

B. Maryam Pulang Kampung Sambi! Membawa Anaknya

Setelah melahirkan, Maryam membawa bayinya ke kampung halamannya. Mereka berpendapat bahwa anak itu adalah anak hasil melacur. Mereka melontarkan kata-kata hina terhadap Maryam sambil bertanya: "Hai Maryam, engkau telah membawa bayi yang tak baik ke sini, sedangkan keluargamu adalah orang baik-baik. Betapa urusanmu yang seperti ini? Tunjukkanlah kepada kami siapakah yang sebenarnya bapa bayi itu?"
Maryam tidak menjawab, tetapi memberi isyarat kepada anak yang sedang dipangkunya itu. Berkata mereka: "Bagaimana kami akan berkata-kata dengan anak masih kedl ini?" Pada saat orang sedang berkerumun itulah, dengan kekuasaan Allah berkatalah bayi (Nabi Isa) yang berada di atas pangkuan Maryam.
Allah berfirman di dalam AI Qur'an surat Maryam ayat 27-34 yang artinya sebagai berikut.
27. Kemudian itu pergilah Maryam, mambawa anaknya kepada fami¬linya, lalu mereka berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya kau telah membawa sesuatu yang mungkar."
28. "Hai saudaranya Harun, bukanlah bapa engkau adalah seorang yang jahat, dan bukan pula ibu engkau seorang perempuan pezina. Dan bagaimanakah engkau mendapat anak ini?"
29. Maka Maryam memberi isyarat kepada anaknya (Isa), lalu mereka berkata: "Betapakah kami akan berbicara dengan anak yang masih di dalam buaian?"
30. Berkata Isa: "Sesungguhnya aku ini seorang hamba Allah, diberikan-Nya kepadaku sebuah kitab (Injil) dan dijadikan-Nya aku seorang Nabi."
31. "Dijadikan-Nya aku seorang yang berguna kepada manusia di mana aku berada, diwasiatkan-Nya kepadaku mengerjakan shalat dan mengeluarkan zakat, selama aku hidup.
32. Dan aku berbakti kepada ibuku, dan tiadalah aku dijadikan-Nya seorang yang sombong dan pendurhaka.
33. Selamatlah diriku ketika dilahirkan, dan ketika aku mati, dan ketika aku dibangkitkan (dihidupkan) kembali."
34. Itulah Isa anak Maryam, ia berkata yang sebenarnya, yang mereka ragu-ragu tentang kebenarannya.

C. Mukjizat Nabi Isa A.S.

Setiap rasul telah dilebihkan oleh Allah dengan kelebihan. Mereka mendapat kurnia yang banyak dari Allah dengan bermacam cara. Demikian pula dengan Nabi Isa A.S. Beliau pun mempunyai mukjizat (kejadian yang luar biasa) yang terdapat dalam diri Nabi Isa A.S. dengan izin Allah sebagai bukti dari kerasulannya.
Di antara Mukjizat Nabi Isa adalah:
1. Dapat menjadikan burung dari tanah.
2. Dapat menyembuhkan orang buta dan penyakit kusta (lepra). Meng¬hidupkan orang mati dengan izin Allah.
3. Turunnya makanan dari langit dan sebagainya.
Allah berfirman di dalam AI Qur'an surat AI Maidah ayat 110-114 yang artinya sebagai berikut.
110. lngatlah ketika Allah berfirman: "Hai Isa anak Maryam, ingatlah nikmat yang Aku limpahkan atas engkau dan atas ibu engkau, yaitu ketika Aku menguatkan engkau, dengan ruh Suci Uibril}. Engkau bercakap-cakap dengan manusia, ketika engkau masih di atas ayunan (masih bayi) dan pada waktu dewasa. Dan ketika Aku mengajarkan kitab kepada engkau bersama ilmu pengetahuan, Taurat dan Injil dan ketika engkau buat bentuk burung dari tanah dengan izin-Ku, kemudian engkau hem bus padanya, maka menjadi burunglah ia dengan seizin-Ku juga, dan engkau sembuhkan orang yang buta dan orang kena penyakit supak, dengan izin-Ku juga; ketika engkau keluarkan orang mati dari dalam kuburnya serta hidup kembali dengan izin-Ku belaka. Ingatlah ketika Aku tahan anak-anak Israil yang akan membunuh engkau, yaitu ketika engkau memberikan keterangan kepada mereka, maka orang-orang kafir di antara mereka berkata: ''Tidaklah ini, melainkan sihir yang terang."
111. lngatlah ketika Aku wahyukan kepada Hawariyin (semua pengikut Nabi Isa A.S.) supaya mereka beriman kepada-Ku dan rasul-Ku, yakni Isa, mereka menjawab: "Kami beriman kepada keduanya itu, dan menjadi saksilah engkau bahwa kami orang yang telah mengikut."
112. lngatlah ketika pengikut-pengikut Isa itu berkata: "Ya Isa• anak Maryam, kuasakah Tuhan engkau me~urunkan makanan dari langit atas kami?" Nabi Isa menjawab dengan katanya: 'Takutlah kamu kepada Allah, jika sebenarnya kamu orang yang beriman."
113. Mereka itu berkata: "Kami menghendaki yang demikian, supaya dapat kami makan makanan itu, dan supaya tetap kepercayaan hati kami, mengetahui sebenarnya bahwa engkau membenarkan kami, sehingga kami adalah menjadi saksi atas yang demikian itu."
114. Berkata Isa anak Maryam: "Ya Allah, Tuhan kami, turunkanlah atas kami makanan dari'langit untuk jadi perayaan besar (Hari raya) bagi kami dan orang-orang yang terkemudian dari kami dan buat jadi bukti kekuasaan Engkau, beri rezekilah kami, sedang Engkau sebaik-baik yang memberi rezeki."

D. Nabi Isa Akan Dibunuh

Sahabat-sahabat Nabi Isa disebut kaum "Hawariyin," seperti sahabat-sahabat Nabi Muhammad disebut kaum Anshar dan Muhajirin. Oi antara sahabat Nabi Isa ada seorang yang murtad dan penghina, ia bernama "Yahuza" (Iskarit). Yahuza ini juga mempunyai pengikut, yang makin lama makin bertambah banyak. Oleh karena itu, pengikut Nabi Isa dinamai orang Nasara atau Nasrani.
Di dalam menyiarkan agama Allah, rasul selalu menemui manusia yang beriman kepada Allah, dan yang durhaka (kafir). Orang-orang kafir itu selalu memusuhi rasul-rasul-Nya. Musuh Nabi Isa telah ber¬musyawarah untuk menangkap Nabi Isa dan akan dibunuh (disalib). Sahabatnya yang murtad itulah yang menjadi penunjuk untuk menangkap Nabi Isa. (a merasa dapat menangkap nabi Isa, sebab dia adalah orang yang terdekat dengan Nabi Isa.
Dengan kekuasaan Allah Nabi Isa diangkat ke alam ghaib (Miraj).
Muka/wajah sahabatnya yang murtad itu terlihat orang nampak seperti Nabi Isa A.S. Orang munafik inilah sebenarnya yang tertangkap, bukan nabi Isa. Kekuasaan Allah telah mampu mengangkat Nabi Isa telah ke alam ghaib (Miraj). Oemikianlah kekuasaan Allah melebihi segala¬galanya, dan rencana manusia tidak semuanya berhasil, rencana Allah itulah yang sebagus-bagus rencana.
Allah berfirman dalam AI Qur'an surat An Nisa' ayat 157 yang artinya: "Ada pun orang-orang yang durhaka itu, tidaklah mereka membunuh dan menyalib Isa, hanya orang yang diserupakan Allah dengan Isa lah yang tersalib."

E. Persamaan Ajaran Nabi Isa tentang Tuhan dengan Ajaran Islam

Agama Islam menyuruh kepada pemeluknya untuk mempercayai bahwa Allah itu satu, Esa, tidak berserikat dengan lainnya dan tidak ada yang menyerupainya. Ajaran Islam itu sesuai dengan ajaran Nabi Isa, bahwa Nabi Isa sama-sama mentauhidkan Allah dan tak pernah ia mengatakan Tuhan itu berserikat. Orang-orang yang mengaku bernabi kepada Nabi Isa A.S. yang mempercayai bahwa Allah itu beranak, bukanlah ajaran Nabi Isa. Nabi Isa A.S. tidak pernah mengatakan dirinya dan ibunya sebagai Tuhan.
Artinya:
lngatlah ketika Allah berfirman: "Hai lsa anak Maryam, adakah engkau mengatakan kepada manusia seperti ini? Ambillah saya dan ibu saya menjadi Tuhan selain daripada Allah? Nabi lsa menjawab: "Maha Suci Engkau ya Allah, tiadalah sepatutnya bagi saya mengatakan barang yang bukan hak saya, jika sebenarnya saya mengatakan demikian, niscaya Engkau mengetahui, karena Engkau mengetahui apa-apa yang ada di dalam diri saya dan tidaklah saya mengetahui akan apa yang ada pada diri Engkau, sesungguhnya Engkau yang lebih mengetahui sesuatu yang tersembunyi." (QS. Al Maidah: 116)
Artinya:
Tiada saya katakan kepada mereka melainkan apa yang Engkau perintahkan kepada saya, yaitu supaya kamu menyembah Allah, Tuhan saya dan Tuhan kamu dan adalah saya menjadi saksi atas mereka selama saya hidup bersama mereka, maka manakala Engkau wafatkan saya, adalah Engkau menjaga mereka yang menjadi saksi atas setiap sesuatu. (QS. Al Maidah: 117)

F. Pengakuan Islam terhadap Nabi Isa A.S.

Artinya:
Maka sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan bahwa Tuhan itu ialah lsa anak Maryam, dan lsa berkata kepada orang¬orang IsraU: "Sembahlah Allah. ltulah Tuhanku dan Tuhanmu! lngatlah barangsiapa yang menyekutukan-Nya, maka Allah haramkan ia masuk surga dan tempatnya dalam neraka. Tidak ada penolong bagi orang zalim." (QS. Al Maidah: 72)
Artinya:
Maka sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan Tuhan itu Allah, lsa dan Maryam, sedang tiada tuhan selain Allah yang Maha Esa, mereka yang tak juga berhenti mengatakannya, maka mereka akan mendapat siksaan yang pedih. (QS. Al Maidah: 73)
Allah berfirman di dalam Al Qur'an surat Al Maidah ayat 75 yang artinya: "Isa itu adalah utusan Allah, sesungguhnya sudah terdahulu beberapa rasul sebelumnya, ibunya perempuan yang saleh, dan kedua-duanya adalah manusia juga yang memakan makanan (sebagaimana manusia). Lihatlah Kami bagaimana menerangkan kepada mereka beberapa ayat, kemudian bagaimana mereka mendustakannya."

G. Hikmah yang Terkandung dari Kisah Nabi Isa

1. Dengan kekuasaan Allah, Nabi lsa lahir tidak berbapa, tetapi karena roh suci yang ditiupkan malaikat Jibril ke dalam kandungan Maryam, sehingga lahirlah Nabi lsa.
2. Tuhan berkuasa berbuat segala sesuatu, Nabi Adam lahir tidak mempunyai ibu bapa, maka tentulah lebih mudah lagi kejadian Nabi Isa yang memakai perantaraan ibu saja. Kenapakah manusia banyak juga yang mengingkari kekuasaan Allah itu?
3. Ajaran Nabi Isa sarna dengan ajaran rasul-rasul Allah yang lalu, tentang ket-uhanan. Bahwa Allah itu esa, tunggal, satu dan tak ada berserikat bagi-Nya. Besarlah dosanya di sisi Allah jika ada orang yang mengatakan bahwa Allah itu beranak.
4. Nabi Isa tidak terbunuh dan tersalib, yang terbunuh dan tersalib adalah orang yang diserupakan Allah dengan Nabi lsa
Disalin dan di reka ulang atas sumbangan dari filenya Mas Slamet Riyanto di site http://www.slaproject.co.cc/ silahkan berkunjung ke site Beliau..Terima Kasih..Mas Riyanto..Kebetulan Saudara Kakak Sepupu Saya Namanya Sama Persis Dengan Mas …

Selasa, 27 April 2010

Pramuka Praja Muda Karana

PRAMUKA
Praja Muda Karana

Keberadaannya sudah tidak sehebat dulu lagi,bahkan dibeberapa sekolah kegiatannya sudah tidak diperdengarkan lagi. Hanya sesekali terlihat kesibukan saat hendak mengikuti upacara hari kelahiran Pramuka saja. Sungguh sangat disanyangkan pramuka adalah wadah bagi tunasbangsa dengan segudang ilmu dan filosofi nkehidupan berbangsa dengan mengedepankan ketrampilan,kesederhanaan dan kemandiriasian anggotanya.pramuka nampaknya kini hanya menjadi simbol di setiap sekolah saja. Kegiatan yang mendorong kemajuan organisasi kependidikan inipun kurang begitu gencar.
Pramuka sejatinya wadah untuk menempa diri siswa dalam berbagai kegiatan kemandirian yang dilaksanakan sebagai pengamalan dari teori ketrampilan sesuai dengan buku saku pramuka diantaranya kegiataan PERJUSAMI dan kegiatan Outbond lainnya.
Satu hal yang harus dipahami agar menjadi insan mandiri harapan PRAMUKA yaitu hafal dan mengerti serta melaksanakan Dasa Dharma Pramuka.Enggak Hafal nih...dibawah ini :

TRI SATYA

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
1. Menjalankan kwajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan
Mengamalkan Pancasila.
2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
3. Menepati Dasa Darma

DASA DARMA PRAMUKA

PRAMUKA ITU :
1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
3. Patriot yang sopan dan kesatria
4. Patuh dan suka bermusyawarah
5. Rela Menolong dan tabah
6. Rajin trampil dan gembira
7. Hemat cermat dan bersahaja
8. Disiplin berani dan setia
9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10. Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan

SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU

SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU

Penerimaan siswa baru mesti disikapi dengan benar oleh sekolah sekolah yang ingin tetap eksis dalam mendidik murid-muridnya. Karena saat ini banyak sekali sekolah-sekolah bermunculan dengan kualitan yang berbeda-beda yang cenderung lebih progresif dan multi nasional bahkan internasional. Sehingga sekolah-sekolah konvensional dengan manajemen perorangan bersiap-siap bersaing dan kalu tidak tepat penangannya maka lambat laun akan menjadi sekolah dengan bangku kosong.
Gencarnya sekolah gratis dari Pemerintah ikut mengambil bagian dalam perebutan siswa pada jenjang tertentu. Himpitan ekonomi memaksa orang tua murid untuk jeli dan memaksa anak mereka untuk masuk ke sekolah gratis tanpa berpikir kualitas yang terpenting adalah bersekolah titik.
Tidak adanya standarisasi biaya atau plafon biaya untuk sekolah sesuai dengan kelas standar ekonomi pangsa pasarnya dari Pemerintah dan pihak terkait menjadikan sekolah memiliki otomi sendiri untuk melepaskan biaya operasional kepada setiap siswa yang berbeda sesuai dengan kemampuan ekonomi keluarga dalam hal ini wali murid. Hal ini menjadikan biaya pendidikan tak terkontrol dikarenakan persaingan sekolah. Hingga suatu saat ada sekolah yang akan kosong tanpa murid walau sekolah tersebut telah memiliki nama dan besar di masyarakat. Hal ini disebabkan banyak factor penentu antara lain : banyaknya sekolah, peningkatan pendapatan masyarakat, laju inflasi di masyarakat dimana hampir seluruh pendapatan masyarakat untuk konsumsi perut saja dan belum cukup untuk pendidikan sehingga memilih sekolah gratis dari pemerintah dan program sekolah gratis diberbagai jenjang. Satu lagi factor psikis masyarakat yaitu buat apa sekolah tinggi-tinggi kalau udahannya nyari kerja susah…nah loh !
Trik promosi sekolah bisa bermacam-macam ada dengan potongan diskon hingga 75 % sampai sekolah dengan Rp 0,- untuk uang pangkal bagi meereka yang berprestasi dibidang tertentu atau bagi mereka yang lulus test dengan nilai sempurna. Pembayaran berjangka dan bervariasi laksana kredit motor bekaspun dilaksanakan agar mendapat murid yang sesuai keinginan dan target bangku sekolah. Trik masuk murah namun bulanan mahal juga dapat diterapkan namun trik harga dapat berubah sewaktu-waktu nampaknya tidak akan dilaksanakan oleh sekolah mengingat kredibilitas sekolah menjadi taruhannya.
Mensikapi hasil UAN dan proses UAN yang menuai banyak protes dari kalangan wali murid maka sekolah seyogyanya memiliki system penerimaan siswa mandiri dimana nilai UAN bukan menjadi acuan agar siswa dengan mudah dapat masuk menjadi siswa sekolah tersebut. Nilai UAN hanya sebagai acuan penggolongan kelas untuk kepentingan test lanjutan sehingga akan didapat siswa yang murni memenuhi standarisasi sekolah. Ini maksudnya tidak ada siswa yang mendaftar tidak diterima namun semua akan diterima tetapi dengan peringkat system. Peringkat system atau grade system ini juga bisa dimaksudkan untuk mempermudah grade pembayaran sekolah sehingga siswa yang pintar benar-benar akan mendapatkan fasilitas keringanan biaya masuk sekolah dan belajar selama jangka waktu jenjang pendidikan. Keringan biaya sekolah dikarenakan peringkat juga diyakini dapat memotivasi siswa dalam belajar sehingga ini akan menjadi cambuk bagi mereka untuk berlomba menjadi yang terbaik sebagai dukungan terhadapat keluarga yang notabene ada yang dikelaskan sebagai keluarga tak mampu.
So,…benahi system penerimaan siswa baru bagi sekolah-sekolah agar tidak menjadi boomerang dikemudian hari dan bagi siswa dan wali murid pilihlah sekolah yang baik dan bertanggung jawab…

Bunga Bangsa Terganjal UAN

KAJIAN TERHADAP UAN

Program dan kebijakan adanya UAN telah menjadi mesiu bagi anak-anak bangsa menjadi ranjau bagi mereka yang melewatinya tanpa……

Banyak sudah korban dari UAN atau UASBN seperti : siswa yang stress, gedung sekolah yang dirusak oleh siswa yang tidak lulus, lingkungan yang berantakan yang dijadikan pelampiasan ketidak lulusan siswa bahkan ada yang mencoba bunuh diri namun berhasil diselamatkan dan tragisnya gara-gara tidak lulus sekolah mengakhiri hidupnya. Mereka yang mati karena tidak lulus sekolah mereka telah mempertaruhkan kehidupan yang abadi dengan penderitaan hanya karena tidak sekolah. Mereka inilah korban kebijakan yang telah banyak mendapat sorotan masyarakat, para tokoh bangsa namun tetap dijalankan dengan dalih kualitas pendidikan. Lihatlah keluarga koraban dari tahun-ketahun..namun UASBN nampaknya bak tembok kokoh yang tak akan runtuh oleh tangisan bahkan kematian anak bangsa. Mereka tidak lulus bukan karena mereka bodoh, bukan juga karena sekolah kurang fasilitas, bukan karena sdm dan perangkat pengajaran kurang materi..tetapi karena ingin pintar itulah mereka sekolah selama kurun waktu jenjang pendidikan. Program dan kebijakan adanya UAN telah menjadi mesiu bagi anak-anak bangsa menjadi ranjau bagi mereka yang melewatinya tanpa kehati-hatian. Nampaknya kerja guru untuk mencerdaskan siswa selama kurun waktu jenjang pendidikan mentah sudah. Data-data siswa perkembangan siswa yang dipegang guru sebagai acuan perkembangan anak menjadi tidak ada artinya karena untuk kelulusan semua data itu mentah dan tak berguna lagi namun nilai UANlah yang menjadi penentu kelulusan siswa.

Sungguh sedih saya sebagai pendidik melihat kenyataan di lapangan. Disatu sisi saya mengajar dengan penuh persiapan dari mulai kurikulum, persiapan mengajar dan bahkan hasil belajar siswa yang disesuaikan dengan kurikulum sekolah yang hasilnya nyaris sempurna pada setiap tujuan pembelajarannya.

Disisi lain ketika proses UAN berjalan saya melihat ada kekawatiran dari wajah guru senior, kepala sekolah dan bahkan lingkup Dinas yang berwenang. Kekawatiran akan tingkat kelulusan yang nanti bias rendah walau sudah di usahakan dengan susah payah sekuat tenaga. Dan dari sisi proses kedua ini sudah bukan menjadi barang rahasia lagi ada permainan oknum pendidikan untuk bermain cantik memanipulasi data sedemikian rupa sehingga tingkat ketidak lulusan bisa ditekan sedemikian kecilnya. Oknum tersebut juga tidak bisa disalahkan karena sistemnya telah membuka jalan demikian. Sudah banyak cerita yang kita dengar ada kebocoran jawaban soal dari oknum pendidikan. Kenyataan kecurangan di lapangan bisa ditutupi namun kejujuran hati setiap pelaku proses UAN dari mulai tingkat atas hingga pengawas nampaknya seperti duri dalam daging yang terasa sakit ketika secara sadar menyadari dan menelaah secara nurani bahwa kecurangan apapun bentuknya adalah sebuah dosa sesuatu yang tidak membawa berkah.

Penerimaan sekolah lanjutan telah menggunakan system penyaringan untuk menerima siswa sehingga siswa dapat dikelompokkan dalam grade-grade yang nantinya akan disesuaikan pola pengajran dan pendiikannya agar pencapaian tujuan pengajaran tepat saasaran dan efisien. Jadi nilai UAN tiada artinya lagi buat apa..kalau toh masuk ke jenjang berikutnya ada tes lagi…

Hasil UAS bukan cerminan murni kualitas sekolah untuk sekolah-sekolah pada umumnya. Karena disinyalir banyaknya kecurangan dalam proses UAN tersebut. Bahkan UAN menjadi boomerang untuk sekolah-sekolah favorite yang melaksanakan system penerimaan berdasarkan besara nilai UAN saja tanpa tes mandiri masuk sekolah. Sebagai studi kasus misalnya ada sekolah favorite yang menerapkan system penerimaan siswa dengan menggunakan perangking dari data hasil UAN otomatis semua siswa dengan nilai besar UAN akan masuk tanpa syarat tertentu menjadi siswa pada sekolah tersebut. Padahal pendaftar berasal dari sekolah-sekolah yang diantaranya melaksanakan praktek kecurangan dan pembodohan siswa dengan membantu mereka mendapatkan nilai UAN bagus dengan berbagai cara. Walhasil pda proses selanjutnya siswa tersebut akan kesulitan menerima standarisasi proses pendidikan dan kurikulum yang dilaksanakan disekolah favorite tersebut. Ini hal nyata yang bisa menimpa semua penyelenggara pendidikan.

Salahkah oknum pelaku yang demikian itu? Sekali lagi ..itu terjadi karena system telah membuka celah dan jalan untuk perbuatan yang demikian.

Solusi dari rantai permasalahan pedndidikan yang bermuara pada penyelenggaraaan UAN harus dikaji secara bersama di tingkat bawah kemudian dilanjutkan ditingkat atas. Semua sekolah harus mampu meyakinkan bahwa sekolah mampu secara mandiri membentuk siswa yang cerdas dan terampil mampu diterima setiap kelulusannya dalam pasar kerja dan bahkan mampu menciptakan lapangan kerja.kemudian ditingkat atas bubarkan UAN dan kembalikan dana UAN untuk pengembangan kurikulum pendidikan yang lebih progresif dan selaras dengan kebutuhan masyarakat. Pendidikan yang baik tidak harus dengan gonta-ganti kurikulum gonta-ganti buku..sebaliknya hal demikian menunjukkan bahwa kerangka pendidikan belum kuat dan jelas sehingga harus diganti-ganti. Siswa bukan kelinci percobaan suatu kurikulum dan guru juga bukan akan mencoba jalannya kurikulum. Kita tahu dan dengar CBSA cara belajar siswa aktif, KBK kurikulum berbasis kompetensi, Tematik, dan KTSP kurikulum tingkat satuan pendidikan. Semua tidak bertahan semua terasa mengambang …dan analisa saya semua dikarenakan anggaran..semua ini berkaitan dengan budgeting..semua tahu pengembangan kurikulum itu membutuhkan biaya tidak sedikit dari mulai pembuatan, pengembangan, pelaksanaan dan bahkan sampai evaluasi dilapangan..ini kerjaan banyak...inilah big project yang tiada akhirnya…karena pendidikan ini long life education…

Sudah saatnya otonomi sekolah dilaksanakan dengan sepenuhnya…Dinas terkait sebatas kewenangan pengawasan, perlindungan dan pembinaan. UAN sudah selayaknya dibubarkan banyak sudah korban materi bahkan nyawa dari putra-putri terbaik bangsa yang notabene ingin pintar..hanya itu saja ingin pintar tidak lebih…jadikan budi pekerti bukan hanya sebagai mata pelajaran semata tanpa aplikasi serempak komponen bangsa..mohon ma’af jika tidak berkenan ini hanya suara sebagai pendidik sekaligus wali murid untuk perbaikan pendidikan putra-putri kita…

SEJARAH NABI MUHAMMAD S.A.W

Sejarah Nabi Muhammad SAW

Lagi-lagi sebuah sejarah dilupakan, seakan-akan mereka tidak pernah tahu atau mungkin tidak mau tahu, ini adalah sejarah yang tak boleh dilupakan, karena inilah sebab awal penciptaan dan akhir penciptaan, ia bermula 14 abad yang lalu di sebuah kota kecil, sebuah kota yang panas dan tandus yang dipenuhi dengan penyembahan terhadap kayu-kayu dan batu-batu yang tak dapat berbuat apa-apa dan juga disana terdapat sebuah kotak hitam yang dikelilingi oleh berhala-berhala yang sekarang telah berubah wujud tapi memiliki wujud berhala yang sama. Sungguh tak terpikirkan betapa bodoh manusia zaman itu, ialah sebuah jazirah yang disebut jazirah Arabia, perbuatan buruk dan haram, perampokan, pembunuhan bayi,minum-minuman keras, yang memusnahkan segala kebajikan dan moral menempatkan masyarakat jazirah Arabia ini dalam situasi kemerosotan yang luar biasa. Mereka terpecah-pecah menjadi kabilah-kabilah (bani/kaum).



I. Kelahiran Sang Nabi



Pada saat yang sangat kritis ini muncullah sebuah bintang pada malam yang gelap gulita, sinarnya semakin terang membuat malam menjadi terang benderang, ia bukan bintang yang biasa, tapi bintang yang sangat luar biasa, bahkan matahari di siang haripun malu menampakkan sinarnya karena bintang ini adalah maha bintang yang terlahirkan ke muka bumi, ialah cahaya dalam kegelapan, ia adalah cahaya di dalam dada, ia dikenal dengan Nama Muhammad, menurut sejarawan bintang ini tepat terlahir tanggal 17 Rabiul Awwal (12 Rabiul awwal menurut mazhab sunni) 570 M, bintang ini tak pernah padam walaupun 14 abad setelah ketiadaannya, bahkan ia semakin terang dan semakin terang, dari bintang ini terlahir 13 bintang yang lain, yang selalu menjadi hujjah bagi bintang-bintang yang sulit bersinar lainnya di setiap zamannya. Ia memiliki silsilah yang berhubungan langsung dengan jawara Tauhid melalui anaknya Ismail AS, yang dilahirkan melalui rahim-rahim suci dan terpelihara dari perbuatan-perbuatan mensekutukan Tuhan. Ia begitu suci sehingga Tuhan memerintahkan kepada Para Malaikat dan Jin untuk bersujud kepada Adam, karena cahayanya dibawa oleh Adam AS untuk disampaikan kepada maksud, ia adalah rencana Tuhan yang teramat besar yang langit dan bumi pun tak kan sanggup memikulnya.

Peristiwa kelahiran sang bintang dipenuhi dengan kejadian-kejadian yang luarbiasa, dimulai dengan peristiwa padamnya api abadi di kerajaan Persia, hancurnya sesembahan batu di sana, dan penyerangan pasukan bergajah untuk menghancurkan Kabah, yang di kemudian hari menjadi kiblat baginya dan ummatnya sampai akhir zaman, namun tentara yang besar ini dihancurkan oleh burung-burung yang dikirimkan oleh Sang Pemilik kiblat (Kabah), karenanya tahun ini dinamakan tahun Gajah. Sudah menjadi tradisi kelahiran manusia luar biasa harus juga didahului peristiwa yang luar biasa. Muhammad namanya, ayahnya bernama Abdullah, Ibundanya Aminah, kedua orang tuanya berasal dari silsilah yang mulia yang merupakan keturunan Jawara Tauhid (Ibrahim AS). Abdullah lahir kedunia hanya untuk membawa nur Muhammad dan meletakkannya ke dalam rahim Aminah, Sang isteri saat itu mengandung (2 bulan) bayi yang kelak menjadi manusia besar. Setelah lama kepergian sang suami, sang isteri merasakan kesepian yang amat dalam, walaupun suaminya selalu berkirim surat. Namun pada saat lain surat tidak lagi ia terima, begitu riang hatinya ternyata ia melihat rombongan dagang suaminya telah pulang, tapi Ia amat terkejut karena tak dilihatnya suaminya, datanglah seseorang dari rombongan tersebut yang menyampaikan berita kepada Aminah, mulutnya begitu berat untuk mengucapkan kata รข€“ kata ini kepada wanita ini, ia tidak sanggup mengutarakannya, namun akhirnya terucap juga bahwa sang suami telah berpulang ke hadirat Allah Swt dan dimakamkan di abwa.

Begitu goncang hatinnya mendengarkan hal ini, tak sanggup menahan tangisnya, ia menangis menahan sedih dan tak makan beberapa hari, namun ia bermimpi, dalam mimpinya seorang wanita datang dan berkata kepadanya agar ia menjaga bayi dalam janinnya dengan baik baik. Ia berulang kali bermimpi bertemu dengan wanita tersebut yang ternyata adalah Maryam binti Imran (Ibu Isa as). Dalam mimpinya sang wanita mulia ini berkata : Kelak bayi yang ada didalam rahimmu akan menjadi manusia paling mulia sejagat raya, maka jagalah ia baik baik hingga kelahirannya.

Saat ayahanda Muhammad yang mulia ini Wafat dalam usia 20 tahun (riwayat lain 17 tahun), sang bintang kita ini sedang berada dalam kandungan ibunya, beberapa tahun kemudian Bunda Sang bintang menyusul suaminya dan dimakamkan di Abwa juga. Muhammad dibawa pulang oleh Ummu Aiman dan diasuh oleh kakeknya, belum lagi hilang duka setelah ditinggal Sang Bunda, ia pun harus kehilangan kakeknya ketika umurnya belum lagi menginjak delapan tahun. Setelah kepergian sang kakek, sang bintang (Muhammad) diasuh oleh pamannya, Abu Tholib, seorang putra Abdul Mutholib yang pertama menyatakan keimanannya kepada kemenakannya sendiri (Muhammad). Pemandu ilahi selalu saja dipilihkan oleh Ilahi untuk memiliki profesi sebagai seorang gembala, melalui profesi ini beliau mengarungi beberapa waktu kehidupannya untuk menjadi gembala domba yang lebih besar, inilah pilihan Ilahi yang memilihkan baginya sebuah jalan dimana hal ini penting bagi orang yang akan berjuang melawan orang-orang hina yang berpikiran sampai menyembah aneka batu dan pohon, ilahi menjadikannya kuat sehingga tidak menyerah kepada apapun kecuali keputusan-Nya. Ada penulis sirah yang mengutip kalimat Nabi berikut ini, Semua Nabi pernah menjadi gembala sebelum beroleh jabatan kerasulan. Orang bertanya kepada Nabi, Apakah Anda juga pernah menjadi gembala? Beliau menjawab, Ya. Selama beberapa waktu saya menggembalakan domba orang Mekah di daerah Qararit.

Sang bintang terlahir bukan dari kalangan orang yang teramat kaya, belum lagi ia dilahirkan sebagai seorang yatim, dan telah kehilangan Ayah, Ibu di masa kecil sebagai tempat bernaung, apa yang dapat dikatakan oleh anak kecil yang telah kehilangan kedua orang tuanya sedangkan dia sendiri masih membutuhkan naungan kedua orang tua dan kasih sayang mereka. Mari kita masuk ke jazirah Arabia lebih jauh lagi, kita dapat melihat bahwa kondisi keuangan Muhammad terbilang cukup sulit. Muhammad terkenal dengan kemuliaan rohaninya, keluhuran budi, keunggulan ahklaq dan dirinya dikenal di masyarakat sebagai orang jujur (al-Amin), ia menjadi salah seorang kafilah dagang Khodijah yang terpercaya dan Khodijah memberikan dua kali lipat dibandingkan yang diberikannya kepada orang lain. Kafilah Quraisy, termasuk barang dagangan Khodijah, siap bertolak, kafilah tiba di tempat tujuan. Seluruh anggotanya mengeruk laba. Namun, laba yang diperoleh Nabi lebih banyak ketimbang lain. Kafilah kembali ke Makkah. Dalam perjalanan, Sang bintang melewati negeri รข€˜Ad dan Tsamud. Keheningan kematian yang menimpa kaum pembangkang itu mengundang perhatian sang bintang.

Kafilah mendekati Mekah, Maisarah, berkata kepada sang Bintang, Alangkah baiknya jika Anda memasuki Mekah mendahului kami dan mengabarkan kepada Khodijah tentang perdagangan dan keuntungan besar yang kita dapatkan. Nabi tiba di Mekah ketika Khodijah sedang duduk di kamar atasnya. Ia berlari turun dan mengajak Nabi ke ruangannya. Nabi menyampaikan, dengan menyenangkan, hal-hal menyangkut barang dagangan. Maisarah menceritakan tentang Kebesaran jiwa Al-Amin selama perjalanan dan perdagangan. Maisarah menceritakan รข€ล“Di Busra, Al-Amin duduk di bawah pohon untuk istirahat. Seorang pendeta, yang sedang duduk di biaranya, kebetulan melihatnya. Ia datang seraya menanyakan namanya kepada saya, kemudian ia berkata, Orang yang duduk di bawah naungan pohon itu adalah nabi, yang tentangnya telah saya baca banyak kabar gembira di dalam Taurat dan Injil.

Kemudian Khodijah menceritakan apa yang didengarnya dari Maisarah kepada Waraqah bin Naufal, si hanif dari Arabia. Waraqah mengatakan, Orang yang memiliki sifat-sifat itu adalah nabi berbangsa Arab.



II. Pernikahan



Kebanyakan sejarawan percaya bahwa yang menyampaikan lamaran Khadijah kepada Nabi ialah Nafsiah binti Aliyah sebagai berikut:

รข€ล“Wahai Muhammad! Katakan terus terang, apa sesungguhnya yang menjadi penghalang bagimu untuk memasuki kehidupan rumah tangga? Kukira usiamu sudah cukup dewasa! Apakah anda akan menyambut dengan senang hati jika saya mengundang Anda kepada kecantikan, kekayaan, keanggunan, dan kehormatan ? Nabi menjawab,Apa maksud Anda? Ia lalu menyebut Khodijah. Nabi lalu berkata, Apakah Khodijah siap untuk itu, padahal dunia saya dan dunianya jauh berbeda? Nafsiah berujar รข€ล“Saya mendapat kepercayaan dari dia, dan akan membuat dia setuju. Anda perlu menetapkan tanggal perkawinan agar walinya (รข€˜Amar bin Asad) dapat mendampingi Anda beserta handai tolan Anda, dan upacara perkawinan dan perayaan dapat diselenggarakan".

Kemudian Muhammad membicarakan hal ini kepada pamannya yang mulia, Abu Tholib. Pesta yang agung pun diselenggarakan, sang paman yang mulia ini menyampaikan pidato, mengaitkannya dengan puji syukur kepada Tuhan. Tentang keponakannya, ia berkata demikian, Keponakan saya Muhammad bin Abdullah lebih utama daripada siapapun di kalangan Quraisy. Kendati tidak berharta, kekayaan adalah bayangan yang berlalu, tetapi asal usul dan silsilah adalah permanen".

Waraqah, paman Khodijah, tampil dan mengatakan sambutannya, Tak ada orang Quraisy yang membantah kelebihan Anda. Kami sangat ingin memegang tali kebangsawanan Anda. Upacara pun dilaksanakan. Mahar ditetapkan empat puluh dinar-ada yang mengatakan dua puluh ekor unta.

Sang bintang sekarang mulai dewasa, ia mempunyai seorang istri yang begitu lengkap kemuliaannya, dari perkawinan ini Khodijah melahirkan enam orang anak, dua putra, Qasim, dan Abdulah, yang dipanggil At-Thayyib, dan At-Thahir. Tiga orang putrinya masing-masing Ruqayyah, Zainab, Ummu Kaltsum, dan Fatimah. Kedua anak laki-lakinya meninggal sebelum Muhammad diutus menjadi Rosul.

Ketika umur sang bintang mulai menginjak 35 tahun, banjir dahsyat mengalir dari gunung ke Kabah. Akibatnya, tak satu pun rumah di Makah selamat dari kerusakan. Dinding kabah mengalami kerusakan. Orang Quraisy memutuskan untuk membangun Kabah tapi takut membongkarnya. Walid bin Mughirah, orang pertama yang mengambil linggis, meruntuhkan dua pilar tempat suci tersebut. Ia merasa takut dan gugup. Orang Mekah menanti jatuhnya sesuatu, tapi ketika ternyata Walid tidak menjadi sasaran kemarahan berhala, mereka pun yakin bahwa tindakannya telah mendapatkan persetujuan Dewa. Mereka semua lalu ikut bergabung meruntuhkan bangunan itu. Pada saat pembangunan kembali kabah, diberitahukan pada semua pihak sebagai berikut, Dalam pembangunan kembali Kabah, yang dinafkahkan hanyalah kekayaan yang diperoleh secara halal. Uang yang diperoleh lewat cara-cara haram atau melalui suap dan pemerasan, tak boleh dibelanjakan untuk tujuan ini. Terlihat bahwa ini adalah ajaran para Nabi, dan mereka mengetahui tentang kekayaan yang diperoleh secara tidak halal, tetapi kenapa mereka masih melakukan hal demikian, inipun terjadi di zaman ini, di Indonesia, rakyat ataupun pemerintahnya mengetahui tentang halal dan haramnya suatu harta kekayaan atau pun perbuatan yang salah dan benar, tapi mereka masih saja melakukan perbuatan itu walaupun tahu itu adalah salah.

Mari kita kembali lagi menuju Mekah, ketika dinding kabah telah dibangun dalam batas ketinggian tertentu, tiba saatnya untuk pemasangan Hajar Aswad pada tempatnya. Pada tahap ini, muncul perselisihan di kalangan pemimpin suku. Masing-masing suku merasa bahwa tidak ada suku yang lain yang pantas melakukan perbuatan yang mulia ini kecuali sukunya sendiri. Karena hal ini, maka pekerjaan konstruksi tertunda lima hari. Masalah mencapai tahap kritis, akhirnya seorang tua yang disegani di antara Quraisy, Abu Umayyah bin Mughirah Makhzumi, mengumpulkan para pemimpin Quraisy seraya berkata,Terimalah sebagai wasit orang pertama yang masuk melalui Pintu Shafa. (buku lain mencatat Bab as-salam). Semua menyetujui gagasan ini. Tiba-tiba Muhammad muncul dari pintu. Serempak mereka berseru, รข€ล“Itu Muhammad, al-Amin. Kita setuju ia menjadi wasit!

Untuk menyelesaikan pertikaian itu, Nabi meminta mereka menyediakan selembar kain. Beliau meletakkan Hajar Aswad di atas kain itu dengan tangannya sendiri, kemudian meminta tiap orang dari empat sesepuh Mekah memegang setiap sudut kain itu. Ketika Hajar Aswad sudah diangkat ke dekat pilar, Nabi meletakkannya pada tempatnya dengan tangannya sendiri. Dengan cara ini, beliau berhasil mengakhiri pertikaian Quraisy yang hampir pecah menjadi peristiwa berdarah.

Tuhan, Sang Maha Konsep sudah membuat konsep tentang semua ini, tanda-tanda seorang bintang telah banyak ia tampakkan pada diri Muhammad, dari batinnya yang mulia sampai pada bentuk lahirnya yang indah. Kesabaran yang diabadikan di dalam Kitab suci menjadi bukti yang tak terbantahkan, bahwa ia adalah manusia sempurna, dalam wujud lahiriah (penampakan), maupun batinnya. Tidak setitik cela apalagi kesalahan selama hidupnya, Sang Maha Konsep benar-benar telah mengonsepnya menjadi manusia ilahi. Al-Amin telah dikenal oleh masyarakat Mekah, sebagai manusia mulia, sebagai manifestasi wujud kejujuran mutlak. Sebelum pengutusannya menjadi Rosul, Muhammad selalu mengamati tanda kekuasaan Tuhan, dan mengkajinya secara mendalam, terutama mengamati keindahan, kekuasaan, dan ciptaan Allah dalam segala wujud. Beliau selalu melakukan telaah mendalam terhadap langit, bumi dan isinya. Beliau selalu mengamati masyarakatnya yang rusak, dan hancur, beliau mempunyai tugas untuk menghancurkan segala bentuk pemberhalaan. Apalah kiranya yang membuat masyarakatnya seperti ini, ia mengembalikan semua ini kepada Tuhan, yang menurutnya tak mungkin sama dengan manusia.

Gunung Hira, puncaknya dapat dicapai kurang lebih setengah jam, gua ini adalah saksi atas peristiwa menyangkut รข€ล“sahabat karib-nya (Muhammad), gua ini menjadi saksi bisu tentang wahyu, dan seakan-akan ia ingin berkata, disinilah dulu anak Hasyim itu tinggal, yang selalu kalian sebut-sebut, disinilah ia diangkat menjadi Rosul, disinilah Al-Furqon pertama kali dibacakan, wahai manusia, bukankah aku telah mengatakannya, kalianlah (manusia) yang tak mau menengarkannya, kalian menutup telinga kalian rapat-rapat, dan menertawakanku, sedangkan sebagian dari kalian hanya menjadikan aku sebagai museum sejarah.kata saksi bisu.



III. Diangkat Menjadi Rasul



Hira, tempat diturunkannya kalimat Tuhan Yang Maha Sakti, kalimat yang membuat iblis berputus asa untuk menyesatkan manusia, kalimat yang dengannya alam semesta berguncang. Al-Quran, susunan kalimatnya yang mengandung makna yang banyak telah membuat tercengang manusia-manusia manapun di jagat raya, yang mengakui kebenarannya, akan mengikutinya, sedangkan yang tidak mengakuinya harus tunduk atas kebenarannya, dan bagi mereka yang menolak, dengan cara apapun akan sia-sia, dan celaka. Jibril (Ruh Al-Qudus) diutus Tuhan semesta Alam, Sang Pemilik Konsep, untuk menyampaikan kalimat-Nya secara berangsur-angsur kepada Al-amin yang berada di Gunung Hira. Al-Amin telah mempersiapkan dirinya selama empat puluh tahun untuk memikul tugas yang maha berat ini, Jibril datang kepadanya dengan membawa beberapa kalimat dari Tuhannya. Ialah kalimat pertama yang dikemukakan dalam Al-quran sebagai berikut

Bacalah dengan [ menyebut] nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Paling Pemurah. Yang mengajari [manusia] dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

Ayat ini dengan tegas menyatakan tentang program Nabi, dan menyatakan dalam istilah-istilah jelas bahwa fondasi agamanya diberikan dengan pengkajian, pengetahuan, kebijaksanaan, dan penggunaan pena.

Muhammad, pembawa berita bahagia, ancaman, dan perintah merupakan manusia teladan sepanjang masa, ia adalah manusia dalam wujud Ilahiah, utusan Tuhan yang kepadanya ummat manusia memohonkan syafaat. Tidak satupun mahkluq yang mencapai kesempurnaan yang dicapai Muhammad, sejak kecil ia telah memperlihatkan ketulusan, kejujuran, manusia yang seumur hidupnya tidak pernah berbohong, yang tidak pernah menghianati janji, dan sayang kepada yang miskin.

Malaikat Jibril menyelesaikan tugasnya menyampaikan wahyu itu, dan Muhammad pun turun dari Gua Hira menuju rumah Khodijah. Jiwa agung Nabi disinari cahaya wahyu. Beliau merekam di hatinya apa yang didengarnya dari malaikat Jibril. Setelah kejadian ini, Jibril menyapanya,Wahai Muhammad! Engkau Rosul Allah dan aku Jibril. Muhammad menerima kalimat Tuhannya secara bertahap, secara berangsur-angsur, fakta sejarah mengakui bahwa di antara wanita, Khodijah adalah wanita yang pertama memeluk Islam, dan pria pertama yang memeluk Islam adalah Ali.

Muhammad mengadakan perjamuan makan dengan kerabatnya, selesai makan, beliau berpaling kepada para sesepuh keluarganya dan memulai pembicaraan dengan memuji Allah dan memaklumkan keesaan-Nya. Lalu beliau berkata, Sesungguhnya, pemandu suatu kaum tak pernah berdusta kepada kaumnya. Saya bersumpah demi Allah yang tak ada sekutu bagi-Nya bahwa saya diutus oleh Dia sebagai Rosul-Nya, khususnya kepada Anda sekalian dan umumnya kepada seluruh penghuni dunia. Wahai kerabat saya! Anda sekalian akan mati. Sesudah itu, seperti Anda tidur, Anda akan dihidupkan kembali dan akan menerima pahala menurut amal Anda. Imbalannya adalah surga Allah yang abadi (bagi orang lurus) dan neraka-Nya yang kekal(bagi orang yang berbuat jahat). Lalu beliau menambahkan, รข€ล“Tak ada manusia yang pernah membawa kebaikan untuk kaumnya ketimbang apa yang saya bawakan untuk Anda. Saya membawakan kepada Anda rahmat dunia maupun Akhirat. Tuhan saya memerintahkan kepada saya untuk mengajak Anda kepada-Nya. Siapakah diantara Anda sekalian yang akan menjadi pendukung saya sehingga ia akan menjadi saudara, washi (penerima wasiat), dan khalifah (pengganti) saya?.

Ketika pidato Nabi mencapai poin ini, kebisuan total melanda pertemuan itu. Ali, remaja berusia lima belas tahun, memecahkan kebisuan itu. Ia bangkit seraya berkata dengan mantap, Wahai Nabi Allah, saya siap mendukung Anda. Nabi menyuruhnya duduk. Nabi mengulang tiga kali ucapannya, tapi tak ada yang menyambut kecuali รข€˜Ali yang terus melontarkan jawaban yang sama. Beliau lalu berpaling kepada kerabatnya seraya berkata, Pemuda ini adalah saudara, washi, dan khalifah saya diantara kalian. Dengarkanlah kata-katanya dan ikuti dia".

Pemakluman khilafah (imamah) Ali di hari-hari awal kenabian Muhammad memperlihatkan bahwa dua kedudukan ini berkaitan satu sama lain. Ketika Rosulullah diperkenalkan kepada masyarakat, khalifahnya juga ditunjuk dan diperkenalkan pada hari itu juga. Ini dengan sendirinya menunjukkan bahwa kenabian dan imamah merupakan dua hal yang tak terpisahkan.

Peristiwa diatas membuktikan heroisme spiritual dan kebenaran Ali. Karena, dalam pertemuan di mana orang-orang tua dan berpengalaman tenggelam dalam keraguan dan keheranan, ia menyatakan dukungan dan pengabdian dengan keberanian sempurna dan mengungkapkan permusuhannya terhadap musuh Nabi tanpa menempuh jalan politisi yang mengangkat diri sendiri. Kendati waktu itu ia yang termuda diantara yang hadir, pergaulannya yang lama dengan Nabi telah menyiapkan pikirannya untuk menerima kenyataan, sementara para sesepuh bangsa ragu-ragu untuk menerimanya.

Setelah berdakwah kepada kaum kerabatnya, Nabi berdakwah terang-terangan kepada kaum Quraisy. Muhammad, berbekal kesabaran, keyakinan, kegigihan, dan keuletan dalam berdakwah terus-menerus dan tidak menghiraukan orang-orang musrik yang terus menghardik dan mengejeknya. Banyak yang cara yang dilakukan kaum Quraisy untuk menghentikan Muhammad, suatu saat Abu Tholib sedang duduk bersama keponakannya. Juru bicara rombongan yang mendatangi rumah Abu Tholib membuka pembicaraan dengan berkata, Wahai Abu Tholib! Muhammad mencerai-beraikan barisan kita dan menciptakan perselisihan diantara kita. Ia merendahkan kita dan mencemooh kita dan berhala kita. Jika ia melakukan itu karena kemiskinan dan kepapaannya, kami siap menyerahkan harta berlimpah kepadanya. Jika ia menginginkan kedudukan, kami siap menerimanya sebagai penguasa kami dan kami akan mengikuti perintahnya. Bila ia sakit dan membutuhkan pengobatan, kami akan membawakan tabib ahli untuk merawatnyaรข€¦.

Abu Tholib berpaling kepada Nabi seraya berkata,รข€ล“ Para sesepuh anda datang untuk meminta Anda berhenti mengkritik berhala supaya mereka pun tidak mengganggu Anda. Nabi menjawab, Saya tidak menginginkan apa pun dari mereka. Bertentangan dengan empat tawaran itu, mereka harus menerima satu kata dari saya, yang dengan itu mereka dapat memerintah bangsa Arab dan menjadikan bangsa Ajam sebagai pengikut mereka. Abu Jahal bangkit sambil berkata, Kami siap sepuluh kali untuk mendengarnya. Nabi menjawab, Kalian harus mengakui keesaan Tuhan. Kata-kata tak terduga dari Nabi ini laksana air dingin ditumpahkan ke ceret panas. Mereka demikian heran, kecewa, dan putus asa sehingga serentak mereka berkata, Haruskah kita mengabaikan 360 Tuhan dan menyembah kepada satu Allah saja?

Orang Quraisy meninggalkan rumah Abu Tholib dengan wajah dan mata terbakar kemarahan. Mereka terus memikirkan cara untuk mencapai tujuan mereka. Dalam ayat berikut, kejadian itu dikatakan,

รข€ล“Dan mereka heran karena mereka kedatangan seorang pemberi peringatan dari kalangan mereka; dan orang-orang kafir berkata,รข€™Ini adalah seorang ahli sihir yang banyak berdusta. Mengapa ia menjadikan tuhan-tuhan itu Tuhan Yang Satu saja ? Sesungguhnya ini benar-benar suatu hal yang sangat mengherankan.รข€™ Dan pergilah pemimpin-pemimpin mereka [seraya berkata], รข€˜Pergilah kamu dan tetaplah [menyembah] tuhan-tuhanmu, sesungguhnya ini benar-benar suatu hal yang dikehendaki. Kami tidak pernah mendengar hal ini dalam agama yang terakhir ini; ini(mengesakan Allah) tidak lain kecuali dusta yang diada-adakan.รข€�

Banyak sekali contoh penganiayaan dan penyiksaan kaum Quraisy, Tiap hari nabi menghadapi penganiayaan baru. Misalnya, suatu hari Uqbah bin Abi Muรข€™ith melihat Nabi bertawaf, lalu menyiksanya. Ia menjerat leher Nabi dengan serbannya dan menyeret beliau ke luar masjid. Beberapa orang datang membebaskan Nabi karena takut kepada Bani Hasyim. Dan masih banyak lagi. Nabi menyadari dan prihatin terhadap kondisi kaum Muslim. Kendati beliau mendapat dukungan dan lindungan Bani Hasyim, kebanyakan pengikutnya budak wanita dan รข€“ pria serta beberapa orang tak terlindung. Para pemimpin Quraisy menganiaya orang-orang ini terus-menerus , para pemimpin terkemuka berbagai suku menyiksa anggota suku mereka sendiri yang memeluk Islam. Maka ketika para sahabatnya meminta nasihatnya menyangkut hijrah, Nabi menjawab, รข€ล“Ke Etiopia akan lebih mantap. Penguasanya kuat dan adil, dan tak ada orang yang ditindas di sana. Tanah negeri itu baik dan bersih, dan Anda boleh tinggal di sana sampai Allah menolong Anda.

Pasukan Syirik Quraisy kehabisan akal untuk menghancurkan Muhammad, maka mereka melakukan propaganda anti Muhammad, diantaranya mereka memfitnah Nabi, Bersikeras menjuluki Nabi Gila, larangan mendengarkan Al-Qurรข€™an, menghalangi orang masuk Islam, sehingga Allah mengabadikan perkataan orang-orang keji ini dan menunjukkan sesatnya perkataan mereka, dalam Al-Qurรข€™an Allah berfirman

รข€ล“Demikianlah, tiada seorang rosul pun yang datang kepada orang-orang yang sebelum mereka selain mengatakan,รข€™ Ia adalah seorang tukang sihir atau orang gila.รข€™ Apakah mereka saling berpesan tentang apa yang dikatakan itu ? Sebenarnya mereka adalah kaum yang melampaui batas.รข€�

Kaum Quraisy pun gagal melakukan berbagai macam cara untuk menghalangi usaha Muhammad, dan menghalangi orang-orang untuk mengikuti agama Tuhan Yang Esa. Mereka pun melakukan Blokade ekonomi yang membuat banyak kaum muslim, terutama kaum wanita dan anak-anak kelaparan. Nabi dan para pengikutnya masuk ke Syiรข€™ib Abu Tholib, yang diikuti pendamping hidupnya, Khodijah, dengan membawa serta Fatimah AS. Orang-orang Quraisy mengepung mereka di Syiรข€™ib itu selama tiga tahun. Dan akhirnya tahun-tahun blokade itu pun berakhir. Dan keluarlah sang bintang bersama keluarga dan sahabatnya dari pengepungan. Allah telah menetapkan kemenangan bagi mereka, dan Khodijah pun berhasil pula keluar dari pengepungan dalam keadaan amat berat dan menderita, Beliau telah hidup dengan kehidupan yang menjadi teladan Istimewa bagi kalangan kaum wanita. Ajal Khodijah sudah dekat. Allah telah memilihnya untuk mendampingi Rosulullah Saww., dan dia telah berhasil menunaikan tugas dengan baik. Khodijah akhirnya meninggal pada tahun itu juga. Yakni, pada saat kaum Muslim keluar dari blokade orang-orang Quraisy, tahun kesepuluh sesudah Kenabian. Pada tahun yang sama, paman Rosul (Abu Tholib) meninggal dunia, yang sekaligus sebagai pelindung dakwa Muhammad. Sungguh Nabi mengalami kesedihan yang amat berat. Beliau kehilangan Khodijah, dan juga pamannya yang menjadi pelindung, dan pembelanya. Itu sebabnya, maka tahun ini dinamakan รข€˜Am Al-Huzn (Tahun Duka cita). Bukan hanya Rosul yang terpukul hatinya, Fatimah, yang belum kenyang mengenyam kasih sayang seorang ibu dan kelembutan belaiannya, ikut pula menanggungnya. Kedukaan menyelimuti dan menindihnya di tahun penuh kesedihan itu.Fatimah kehilangan ibundanya, berpisah dari orang yang menjadi sumber cintanya dan kasih sayangnya. Acap kali dia bertanya kepada ayahandanya,รข€� Ayah, kemana Ibu?รข€� Kalau sudah begini, tangisnya pecah, air matanya meleleh, dan kesedihan menerpa hatinya. Rosul merasakan betapa berat kesedihan yang ditanggung putrinya. Setelah wafatnya Abu Tholib kaum Kafir Quraisy semakin berani menganggu Muhammad, akhirnya Muhammad berhijrah ke Yastrib, peristiwa hijrahnya Nabi ke Yastrib, merupakan momen awal dari lahirnya negara Islam. Penduduk Yastrib bersedia memikul tanggung jawab bagi keselamatan Nabi. Di bulan Robiรข€™ul Awwal tahun ini, saat hijrahnya Nabi terjadi, tak ada seorang muslim pun yang tertinggal di Mekah kecuali Nabi, รข€˜Ali dan Abu Bakar, dan segelintir orang yang ditahan Quraisy atau karena sakit,dan lanjut usia.

Kaum Quraisy yang berada di Mekah akhirnya membuat kesepakatan untuk membunuh Muhammad di malam hari, dan masing-masing suku mempunyai wakil, sehingga Bani Hasyim tidak dapat menuntut balas atas kematian Muhammad. Orang-orang ini memang bodoh, mereka mengira Muhammad dapat dihancurkan hanya dengan cara seperti ini, seperti urusan duniawi mereka. Jibril datang memberitahu Nabi tentang rencana kejam kaum kafir itu. Al-Qurรข€™an merujuk pada kejadian itu dengan kata-kata,

รข€ล“Dan [ingatlah] ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu atau mengusirmu. Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik Pembalas tipu daya.

Ali berbaring melewati cobaan yang mengerikan demi keselamatan Islam menggantikan Nabi, sejak sore. Ia bukan orang tua yang lanjut usia, tapi seorang anak muda yang begitu berani mengorbankan nyawanya untuk sang Nabi, ia, yang bersama Khodijah adalah orang yang pertama-tama beriman kepada Nabi, dialah orang yang rela berkorban untuk Nabi, Ali, sekali lagi รข€˜Ali. Kepadanya Nabi berkata,รข€�Tidurlah di ranjang saya malam ini dan tutupi tubuh Anda dengan selimut hijau yang biasa saya gunakan, karena musuh telah bersekongkol membunuh saya. Saya harus berhijrah ke Yastrib. รข€˜Ali menempati ranjang Nabi sejak sore. Ketika tiga perempat malam lewat, empat puluh orang mengepung rumah nabi dan mengintipnya melalui celah. Mereka melihat keadaan rumah seperti biasanya, dan menyangka bahwa orang yang sedang tidur di kamar itu adalah Nabi.



IV. Hijrah



Kini tiba fajar. Semangat dan gairah besar tampak di kalangan musyrik itu. Mereka begitu yakin akan segera berhasil. Dengan pedang terhunus mereka memasuki kamar Nabi, yang menimbulkan suara gaduh. Serentak รข€˜Ali mengangkat kepalanya dari bantal dan menyingkirkan selimutnya lalu berkata dengan sangat tenag,รข€�Apa yang terjadi ?รข€� Mereka menjawab,รข€�Kami mencari Muhammad. Di mana dia?รข€� รข€™Ali berkata,รข€� Apakah anda menitipkannya kepada saya sehingga saya harus menyerahkannya kembali kepada Anda? Bagaimanapun, sekarang ia tak ada di rumah.รข€� Muhammad telah pergi jauh di luar pengetahuan mereka.

Nabi, tiba di Quba tanggal 12 Rabiรข€™ul Awwal, dan tinggal di rumah Ummu Kultsum ibn al-Hadam. Sejumlah Muhajirin dan Ansor sedang menunggu kedatangan Nabi. Beliau tinggal di situ sampai akhir pekan. Sebagian orang mendesak agar beliau segera berangkat ke Madinah, tetapi beliau menunggu kedatangan รข€˜Ali. Orang Quraisy mengetahui hijrahnya รข€˜Ali dan rombongannya รข€“ diantaranya ialah Fatimah, puteri Nabi, Fatimah binti รข€˜Asad dan Fatimah binti Hamzah bin Abdul Mutholib รข€“ karena itu, mereka memburunya dan berhadap-hadapan dengan dia di daerah Zajnan. Perselisihan pun terjadi dan รข€˜Ali berkata รข€ล“Barangsiapa menghendaki tubuhnya terpotong-potong dan darahnya tumpah, majulah! Tanda marah nampak di wajahnya. Orang-orang Quraisy yang merasa bahwa masalah telah menjadi serius, mengambil sikap damai dan berbalik pulang.รข€� Ketika รข€˜Ali tiba di Quba, kakinya berdarah, dikarenakan menempuh perjalanan Makah Madinah dengan berjalan kaki. Nabi dikabari bahwa, รข€˜Ali telah tiba tapi tak mampu menghadap beliau. Segera nabi ke tempat รข€˜Ali lalu merangkulnya. Ketika melihat kaki รข€˜Ali membengkak, air mata Nabi menetes".

Penduduk Yastrib รข€“ yang kemudian berganti menjadi nama Madinah - menyambut kedatangan Nabi. Mereka mengucapkan berbagai macam syair untuk menyambut manusia mulia ini. Disinilah manifestasi sebuah negara Islam pertama kali didirikan. Muhammad menyusun kekuatannya di Madinah bersama keluarga dan sahabat setianya yang rela meninggalkan tanah air dan hartanya untuk Tuhannya, islam yang muda ini menyusun kekuatan untuk menghadapi kekuatan kaum Quraisy yang setiap saat siap untuk menghancurkan Islam yang dibangun ini, perang demi perang mulai dari Badar, Uhud, Khandaq, yang disetiap perang tampillah Al-Washi Muhammad yang selalu menjadi pemberi moral kepada pasukan untuk menghancurkan kafir Quraisy dengan Iman yang membara. Pada perang Badar รข€˜al-washi (รข€˜Ali) dan Hamzah tampil menghadapi pemberani kafir Quraisy, dalam sepucuk suratnya kepada Muawiyah, รข€˜Ali mengingatkannya dalam kata-kata รข€˜Pedang saya yang saya gunakan untuk membereskan kakek anda dari pihak ibu (Utbah, ayah dari Hindun Ibu Muawiyah), paman anda dari pihak Ibu (Walid bin Uthbah) dan saudara Anda (Hanzalah) masih ada pada saya. Pada perang Uhud Nabi dan lagi-lagi Hamzah dan รข€˜Ali tidak pernah Absen, รข€˜Ali adalah pembawa panji dalam setiap peperangan. Nabi mengungkapkan nilai pukulan รข€˜Ali pada perang Khandaq (parit) รข€“ disebut juga dengan Ahzab รข€“ kepada รข€˜Amar bin รข€˜Abdiwad itu,รข€� Nilai pengorbanan itu melebihi segala perbuatan baik para pengikutku, karena sebagai akibat kekalahan jagoan kafir terbesar itu kaum Muslim menjadi terhormat dan kaum kafir menjadi aib dan terhina".



V. Benteng Khaibar



Pada perang Khaibar ketika semangat kaum muslim mengendur dan merasa tidak mampu untuk menghancurkan benteng Khaibar, orang-orang menunggu dengan gelisah dan ketakutan, karena sebelumnya Abu Bakar dan Umar tidak ada yang mampu menghancurkan benteng, bahkan รข€˜Umar memuji keberanian pemimpin benteng, Marhab,yang luar biasa yang membuat Nabi dan para komandan Islam kecewa atas pernyataan รข€˜Umar ini.

Kebisuan orang-orang sedang menunggu dengan gelisah dipecahkan oleh kata-kata Nabi,รข€� Dimanakah รข€˜Ali? รข€ล“ Dikabarkan kepada beliau bahwa รข€˜Ali menderita sakit mata dan sedang beristirahat di suatu pojok. Nabi bersabda,รข€� Panggil dia.รข€� รข€˜Ali diangkut dengan unta dan diturunkan di depan kemah Nabi.รข€� Pernyataan ini menunjukkan sakit matanya demikian serius sampai tak mampu berjalan. Nabi menggosokkan tangannya ke mata รข€˜Ali seraya mendoakannya. Mata รข€˜Ali langsung sembuh dan tak pernah sakit lagi sepanjang hidupnya. Nabi memerintahkan รข€˜Ali maju, menurut riwayat pintu benteng Khaibar itu terbuat dari batu, panjangnya 60 inci, dan lebarnya 30 inci. Mengutip kisah pencabutan pintu benteng Khaibar itu dari รข€˜Ali melalui jalur khusus,รข€� Saya mencabut pintu Khaibar dan menggunakannya sebagai perisai. Seusai pertempuran, saya menggunakannya sebagai jembatan pada parit yang digali kaum Yahudi.รข€� Seseorang bertanya kepadanya,รข€� Apakah Anda merasakan beratnya?รข€� รข€˜Ali menjawab,รข€� Saya merasakannya sama berat dengan perisai saya.รข€� Masih banyak lagi peristiwa-peristiwa lain selain peperangan untuk melawan kebejatan kaum kafir Quraisy, banyak juga peristiwa yang menggembirakan, misalnya peristiwa pernikahan al-Washi dan Fatimah, putri Nabi, perubahan kiblat dari Bait al-Maqdis ke Kaรข€™bah di Makah. Selain serangan dari luar Kota Madinah, kaum Yahudi yang berada di dalam kota selalu mencoba melakukan rongrongan terhadap pemerintahan Islam yang masih muda ini, namun Sang Maha Konsep telah menentukan Drama yang berbeda, walaupun mereka mencoba memadamkan nur cahaya-Nya, namun Ia terus menerangi Nur Cahaya-Nya, walaupun orang-orang kafir itu benci.



VI. Fath Makkah



Tahun kedelapan Hijrah, perjanjian Hudaibiyah dikhianati oleh orang-orang Quraisy mekah, Nabi segera mengeluarkan perintah kesiagaan umum. Beliau siapkan pasukan besar yang belum pernah disaksikan kehebatannya selama ini. Ketika pasukan telah lengkap dan siap bergerak, Nabi pun menyampaikan bahwa sasarannya adalah Mekah. Pasukan bergerak laksana migrasi kawanan burung menuju arah selatan. Nabi memerintahkan kepada pasukannya yang berjumlah 10.000 orang untuk membagi diri, dan menyalakan api unggun di malam hari agar pasukan musuh melihat betapa besar pasukan musuh tersebut.

Di dekat kuburan Abu Tholib dan Khodijah yang terletak di punggung Mekah, kaum muslimin membuat kubah untuk Nabi. Dari kubah inilah Nabi mengamati dengan cermat arus pasukan Islam yang masuk ke kota dari empat penjuru.

Makkah... Membisu di depan Nabi dan pendukungnya. Ya Mekah membisu dan tidak lagi menyerukan teriakan Firรข€™aun-firรข€™aun, digantikan hiruk pikuk suara 10.000 prajurit Muslim yang menggema yang seakan-akan sedang menunggu kedatangan sahabatnya

Gua itu menatap kepada orang yang dulu berada dalam perutnya dalam keadaan terusir yang kini telah berdiri tegap dengan gagah dan dikelilingi puluhan ribu pengikut dan pembelanya.

Nabi memasuki Mekah dan bertawaf, menghancurkan berhala-berhala bersama al-Washi, tidak ada darah yang tertumpah. Orang-orang Quraisy yang berada di Makkah menunggu bibir Muhammad berucap tentang mereka, apakah yang akan terjadi pada mereka, namun bibir itu begitu mulia untuk menjatuhkan hukuman, ia memberikan kepada mereka yang telah memeranginya pengampunan dan beliau berkata รข€ล“... Pergilah, Anda semua adalah orang-orang yang dibebaskan!รข€�

Kini, di Shafa, laki-laki yang telah membuat sejarah itu telah kembali, berdiri di depan kehidupannya yang sarat dengan berbagai peristiwa dan yang ditangannya tergenggam masa depan yang gemilang. Selama dua puluh tahun penggembalaannya tak pernah henti, ia tak pernah merasakan letih, kesabarannya begitu tinggi, tak pernah menyerah. Orang รข€“orang Quraisy berdesak-desakkan di bukit Shafa untuk memberikan Baรข€™iat.

Setelah penaklukan Mekah masih ada beberapa peperangan besar berlanjut รข€“ semasa hidup Nabi - yaitu Hunain, Tabuk. Al-Washi tampil dengan gagah perkasa dalam peperangan ini, sesudah membuat kocar-kacir musuh, al-washi segera menghambur untuk bergabung dengan Nabi, ia memutari Nabi, dan menghambur membabat musuh untuk melindungi Nabi, dan pada kali yang lain menemui prajurit musuh yang lari dan menghadang kejaran musuh. Sesudah itu kembali memutari Nabi. Nabi memanggil sahabat-sahabatnya yang lari cerai-berai รข€ล“ Ayyuhan Nas, mau kemana kalian ?รข€� Wahai orang-orang yang ikut baiรข€™at al-Ridwan! Wahai, orang-orang yang kepadanya diturunkan surat Al-Baqarah! Wahai orang-orang yang berbaiat di bawah pohon...! orang-orang Madinah yang gagah berani segera sadar akan diri mereka! Dan ingat bahwa hingga saat ini mereka adalah tulang punggung Nabi. Kini Nabi memanggil mereka di tengah 12.000 orang prajurit, dua ribu diantaranya adalah kaum kerabatnya. Mereka segera menghambur ke arah Nabi menyambut panggilannya dengan, รข€ล“Labbaik, Labbaik... Kami datang, kami datang...!รข€�

Pasukan Islam kembali memenangkan pertempuran, peran individual Muhammad dalam menyampaikan risalah agungnya telah selesai, dan kini รข€“ tidak bisa รข€“ tidak di harus melihat pasukannya, untuk kesekian kalinya, mengingat dan mengenang kembali pelajaran yang telah diberikannya selama dua puluh tiga tahun, agar di bisa mengevaluasidan menelitinya kembali.



VII. Haji Wada



Tahun kesebelas Hijrah, haji pertama Nabi dan kaum Muslimin tanpa ada seorang musrik pun yang ikut didalamnya, untuk pertama kalinya pula, lebih dari 10.000 orang berkumpul di Madinah dan sekitarnya, menyertai Nabi melakukan perjalanan ke Makkah, dan .. sekaligus inilah haji terakhir yang dilakukan oleh Nabi. Rombongan haji meninggalkan Madinah tanggal 25 Dzulqaรข€™idah , Nabi disertai semua isterinya, menginap satu malam di Dzi Al-Hulaifah, kemudian melakukan Ihram sepanjang Subuh, dan mulai bergerak... seluruh padang terisi gema suara mereka yang mengucapkan,รข€�Labbaik, Allahumma labaik... Labbaik, la syarika laka, ! Aku datang memenuhi panggilanmu, Allahumma, ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu...Labbaik, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Segala puji, kenikmatan, dan kemaharajaan, hanya bagi-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu... Labbaik, aku datang memenuhi panggilan-Mu...รข€� Langit, hingga hari itu, belum pernah menyaksikan pemandangan di muka bumi seperti yang ada pada saat itu. Lebih dari 100.000 orang, laki-laki dan perempuan รข€“ dibawah sengatan Matahari yang amat terik dan di padang pasir yang sebelumnya tak pernah dikenal orang รข€“ bergerak menuju satu arah. Medan ini merupakan lukisan paling indah dari satu warna yang menghiasi kehidupan manusia. Dan sejarah, adalah kakek tua yang terbelenggu dalam pengabdian terhadap kepentingan-kepentingan. Ia adalah tukang cerita yang membacakan hikayat-hikayat Firรข€™aun, Kisra dan Kaisar. Sejarah sekali melihat Muhammad dan orang-orang yang bergerak bersamanya dengan heran! Aneh sekali. Pasukan apa ini? Komandan berjalan kaki kelelahan, dan pengikut-pengikutnya pun demikian pula. Nabi memang berjalan kaki bersama umatnya. Sejarah memang mendengar bahwa รข€ล“penguasaรข€� itu berada di tengah-tengah pasukan itu, tapi ketika dicari-carinya, dia tak bisa menemukannya. Rombongan itu masuk Mekah 4 Dzulhijjah, disitu telah berkumpul Allah, Ibrahim, Kaรข€™bah dan Muhammad. Dia juga ingin memperlihatkan kepada Ibrahim, bahwa karya besarnya, kita sudah diantarkan kepada Maksud.

Matahari tepat di tengah siang hari itu. Seakan-akan ia menumpahkan seluruh cahayannya yang memakar ke atas kepala semua orang. Nabi berdiri di depan lebih dari 100.000 orang. Laki-laki dan perempuan yang mengelilinginya. Nabi memulai pidatonya, Rosulullah berkata,รข€�Tahukah kalian, bulan apa ini ?รข€�

Mereka serentak menjawab,รข€�Bulan Haram!รข€� .....

...รข€�Ayyuhan Nas, camkan baik-baik perkataanku. Sebab, aku tidak tahu, mungkin aku tidak lagi akan bertemu dengan kalian sesudah tahun ini, di tempat ini, untuk selama-lamanya... Ayyuhan Nas, sesungguhnya darah dan hartamu adalah haram bagimu hingga kalian menemui Tuhanmu sebagaimana diharamkannya hari dan bulanmu ini. Sesudah itu, kamu sekalian akan menemui Tuhanmu dan ditanya tentang amal-amalmu. Sungguh, aku telah sampaikan hal ini. Maka, barangsiapa yang masih mempunyai amanat, hendaknya segera disampaikan kepada orang yang berhak menerimanya.....รข€�

Akar-akar syirik telah dihapuskan dari Mekah, dan Mekah menjadi sebuah kota suci bagi kaum muslim, tempat berkumpulnya muslimin dari seluruh penjuru dunia, dengan menggunakan pakaian yang sama, menuju Tuhannya, tidak ada perbedaan, baik kaya, miskin, raja, rakyat, semuanya sama dihadapan Tuhan, yang membedakannya adalah takwa.

Muhammad telah melaksanakan tugasnya, dan sekarang beliau berada di pembaringan, Nabi membuka mata seraya berkata kepada putrinya dengan suara pelan รข€ล“Muhammad tidak lain hanyalah seorang Rosul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang rosul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu akan berbalik ke belakang? Barangsiapa berpaling ke belakang, maka tidak akan mendatangkan mudarat kepada Allah sedikitpun; dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukurรข€�.[Petikan dari laman. fatimah.org] Diketikan kembali dari asalnya Http://Fatimah.org Terima Kasih Atas Filenya semoga bermanfaat untuk yang membacanya..Amiin.

Senin, 26 April 2010

Perjuangan Wanita Pribumi


Kartini adalah seorang sosok wanita yang tengah berjuang, dimana ia belum sampai pada tujuan perjuangannya. Kartini masih berada dalam proses, proses yang juga dijalani oleh wanita-wanita sesudahnya.

Perjalanan Kartini

Kartini adalah seorang wanita yang cerdas. Terbukti hanya dengan bekal pendidikan Sekolah Rendah (setingkat SD), ia telah mampu mengajukan kritik dan saran pada Pemerintah Hindia Belanda, yang salah satunya berbunyi �Berilah pendidikan bagi bangsa jawa". Hal ini menunjukkan bahwa Kartini mempunyai keperdulian yang sangat dalam terhadap nasib bangsanya, yang oleh pemerintah Hindia Belanda dibiarkan berada dalam kebodohan dan kebutaan.
Pada mulanya Kartini tidak bercita-cita untuk menjadi muslimah. Sebelum Kartini lebih jauh mengenal Islam, ia telah mengenal sebuah prinsip melalui semboyan Revolusi Perancis, yaitu Liberte, Egalite, Freternite (Kemerdekaan, Persamaan, Persaudaraan). Beranjak dari sinilah Kartini mulai berusaha mendobrak adat yang berlaku pada masa itu, dimana orang selalu dibeda-bedakan berdasarkan warna darahnya, apakah dia ningrat (berdarah biru) atau bukan. Menurut Kartini, yang membedakan derajat seseorang hanyalah pikirannya (fikroh) dan budi pekertinya (akhlak).

Kartini Berjuang Sendiri

Dalam menjalani perjuangannya, Kartini berjuang sendiri, tidak bergabung dengan barisan manapun yang dapat memperkokoh kedudukannya.

"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh." (QS. 61:4)
Sudah merupakan sunatullah, bahwa orang yang berjuang sendirian akan lebih rentan terhadap berbagai serangan yang datang dari musuh-musuhnya. �Kebenaran yang tidak terorganisir akan dikalahkan oleh kebathilan yang terorganisir." (Ali bin Abi Thalib).

Serigala itu hanya menerkam domba yang sendirian. Demikianlah yang terjadi pada Kartini. Oleh sebab itu dengan leluasa musuh-musuhnya menjadikan Kartini sebagai permainan serta memper-alatnya. Tidak jarang Kartini menjadi bulan-bulanan musuh-musuhnya yang berkedok sebagai teman surat-menyurat (Stella yang Yahudi), guru privat (Annie Glasser, mata-mata Abendanon), dan lainnya. Bahkan sempat pula Kartini diperalat oleh Ir.H.Van Kol, yang berusaha memperjuangkan ke-berangkatan Kartini ke negeri Belanda, untuk dijadikannnya sebagai saksi hidup atas kebobrokan pemerintah Hindia Belanda di tanah jajahan. Hal ini bukan berarti Van Kol perduli dan membela rakyat di tanah jajahan, tetapi ia berambisi untuk meme-nangkan partainya (sosialis) di parlemen.

Hidayah Allah

Seperti telah disebutkan bahwa menjadi seorang muslimah bukanlah awal dari cita-cita Kartini. Bahkan ada suatu masa dimana Ny.Van Kol berusaha mengkristenkan Kartini. Meskipun ia gagal untuk mengkristenkan Kartini, namun ia berhasil mendangkalkan aqidah Kartini. Sehingga dalam beberapa suratnya, Kartini sering menyebutkan Allah dalam konsep trinitas.

"Namun demikian, Allah pula lah yang mempunyai kehendak atas hamba-Nya. Allah menurunkan hidayah-Nya pada Kartini melalui sebuah pengajian dan pertemuan singkatnya dengan KH. Sholeh Darat. Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman)..." (QS. 2:257)

Inilah titik awal dari pembalikan Kartini (inqilab) dari kegelapan jahiliyah menuju pada cahaya Islam (Minazh Zhulumaati ilan Nuur). Melalui Al-Quran yang sebagian diterjemahkan oleh KH.Soleh Darat, Kartini mulai mempelajari Islam dalam arti yang sebenarnya. Mulai saat itu Kartini bercita-cita untuk menjadi seorang muslimah sejati.

Kalimat Minazh Zhulumaati ilan Nuur sering Kartini ulang-ulangi di dalam suratnya, yang dalam bahasa Belanda ditulis sebagai Door Duisternis Tot Licht. Sayang-nya, kalimat tersebut diterjemahkan oleh Armijn Pane (nasrani) sebagai �Habis Gelap Terbitlah Terang", sehingga maknanya yang begitu dalam tidak lagi terlihat.

Rancu

Meskipun Kartini telah berusaha untuk mempelajari Islam dan berjuang di jalan Islam, tapi ia belum juga mempunyai gambaran yang jelas tentang Islam, sehingga pemahamannya tentang Islam bersifat parsial, tidak menyeluruh. Hal inilah yang menjadikan Kartini tidak tahu akan panjangnya jalan yang harus ditempuh dan bagaimana cara berjalan diatasnya. Pemikirannya sering kali masih rancu dengan konsep Barat dalam operasional dan perinciannya, walaupun secara global adalah konsep Islam. Hal ini sangat mungkin sekali terjadi, karena teman-teman dekat Kartini adalah Yahudi dan Nasrani.

Juga dalam beberapa suratnya, secara tidak sadar Kartini menceritakan tentang praktek keburukan umat Islam (bukan Islamnya yang buruk) kepada sahabatnya yang bukan muslim. Hal inilah yang kelak kemudian hari akan menjadi bumerang dan fitnah bagi umat Islam.
Melihat perjalanan kehidupan Kartini, banyak pelajaran yang dapat kita petik. Janganlah kini kita menyalahkan Kartini kalau ia belum bisa lepas dari kungkungan adat dan pengaruh pendidikan baratnya. Kartini telah berjuang untuk mendobraknya, dan ia pun telah berusaha menjadikan dirinya seorang muslimah sejati. Mudah-mudahan Allah merahmati Kartini atas usaha dan perjuangannya.

Gambar disamping kanan adalah generasi yang ke sekian dari para kaum hawa yang juga ingin berharap meneruskan perjuangan Kartini..menjadi Wanita yang tangguh, beriman dan berbahakti agama, nusa, bangsa, keluarga, bagi suami dan bekerja keras bersama suami bagi anak-anaknya...amiin.

"Hidup ini patut kita hayati ! Bagaimana kita mau menang kalau kita tidak berjuang lebih dulu ?"
"Kita dapat menjadi manusia sepenuhnya tanpa berhenti menjadi wanita sepenuhnya"
(Surat-surat Kartini)
Disalin dan di susun ulang dari http://www.hudzaifah.org/Article47.phtml terima kasih atas filenya semoga bermanfaat bagi yang membaca..amiin

Astronomi Virtual Pada PC

HADIRKAN TEROPONG BOSSCHA DI PC ANDA

Pernahkah anda membayangkan memboyong peralatan teleskop raksasa sekelas Bosscha di Lembang Bandung ke kamar anda? Tentu pengin dong…ini berguna untuk menyelami Pencipta alam semesta sehingga kita benar-benar akan timbul rasa takjub kemudian tawaduk dan dengan ikhlas bersyukur mengakui kebesaran-Nya dan selanjutnya meningkatkan kualitas iman kita.
Caranya anda dapat mengunduh software pilihan dan gratiisss tentunya …salah satunya yaitu Microsoft Worldwide Telescope..silahkan unduh di research.microsoft.com/projects/wwt/ atau www.worldwidetelescope.org.
Nah ada spesifikasi computer untuk menjalankan file installer tersebut diantaranya : harus mendukung Windows SPs/Vista, intel core to duo 2 gbhz, ram 1 gb, kartu grafis 128 mb, ruang harddisk 1 gb, Microsoft direct versi 9.0 dan net framework 2.0. kalaulah udah siap..kita jajal…
ANEKA TELESKOP VIRTUAL GRATISAN
1. www.stella2000.com/adastra
2. www.astrograv.co.uk
3. www.astrosnap.com
4. moon.google.com
5. www.skyatlas.eu
6. www.astronomica.com
Nah..! dicoba ya…selamat menikmati…

Minggu, 25 April 2010

Cara Memotret


Pake Digital Canggih + Komputer Canggih….
Resep Dapetin Photografi Canggih

Persoalan memotret melibatkan beberapa faktor, yaitu ketrampilan mengoptimalkan kemampuan kamera, memahami bagaimana mengatur cahaya, mampu mengelola komposisi fotografi, memahami karakter obyek yang difoto, sedikit mengerti olah digital, dan mampu bertutur dengan bahasa visual.
Sulitkah menjadi photografer?

Contoh Obyek Tunggal :
Baju dan Celana Sama..Tapi generasi yang make beda.....gaya dibikin sama...bolehlah...

Ya, begitulah …..memang rumit, oleh karena itu fotografer juga profesi yang bergengsi dan dibayar mahal. Jika sudah terjun berprofesi sebagai fotografer, jangan mau dibayar murah. Untuk menghasilkan foto yang indah, bukan per-kara mudah. Butuh banyak latihan dan pantang menyerah. Jika beranggapan bahwa memotret itu mudah, saya yakin hasilnya pasti payah.
Memotret itu bukanlah asal-jepret, tapi harus jeli dalam pengaturan obyek, tata cahaya..dan bahasa visual obyek.

Kamis, 22 April 2010

Batuk Pilek Pada Anak

COUGHS (BATUK)
JANGAN PANIK..KAWATIR BOLEH..

Lihat betapa cerianya anak-anak kita saat batuk dan pilek hilang dari mereka...namun bila batuk dan pilek datang aduh..kasihan..aktifitasnya jadi terganggu...namun karena demi si kecil saya bersabar untuk mencari tahu obat dan penyebab serta bagaimana pencegahan batuk dan pilek anak...

Jika kita membaca literaratur kedokteran, sering diungkapkan bahwa batuk merupakan suatu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang mengganggu saluran nafas kita, seperti dahak, riak, benda asing (kacang, dsb). Batuk sebagai anugerah terindah dari Tuhan sering disikapi dengan tidak bijak oleh mereka yang tidak memahaminya.

Andaikan kita perhatikan sejenak para pada penderita stroke misalnya. Karena adanya gangguan dalam otak, refleks batuknya terganggu. Akibatnya dahak menumpuk di paru2 dan ybs umumnya mengalami pneumonia. Hingga berefek fatal kematian pada penderita tsb.

Batuk bukanlah momok. Melalui batuk, kita tetap dapat bernafas, karena lendir yang mengganggu saluran nafas akan dikeluarkan saat batuk. Dengan batuk, kita terhindari dari bahaya tersedak benda asing yang masuk ke saluran nafas kita. Yang terpenting yang harus kita lakukan adalah mencari tahu apa penyebab batuk. Infeksi kah atau bukan infeksi.

Pada anak, batuk umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau oleh alergi.Batuk akibat infeksi virus flu misalnya bisa berlangsung sd 2 minggu. Bahkan lebih lama lagi bila anak kita sensitif atau alergi, atau bila di rumah ada anak lain yang lebih besar yang juga sedang sakit. Batuk karena alergi juga bisa berlangsung lama atau hilang timbul selama pencetus alerginya tidak diatasi. Alergi yang dimaksud bisa dalam bentuk alergi hidung (Allergic rhinitis), asma, alergi suatu zat dari lingkungan. Penyebab lainnya adalah sinusitis, reflux, pneumonia.

Tatalaksana :

MENCARI PENYEBAB BATUK.

Jika batuk disebabkan oleh produksi dahak yang berlebihan, maka upaya yang perlu dilakukan adalah mengurangi produksi lendir. Melalui cara :

1. Minum banyak yang hangat misalnya lemon

2. Jangan ada asap rokok

3. Ruangan jangan kering (Moist air - kamar mandi - buka keran air panas biarkan beberapa
lama sehingga ruangan, atau taruh satu ember air panas mendidih, atau pasang humidifier)

4. Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak tinggi

5. NO - ANTIBIOTICS. Ingat ! Kebanyakan batuk tidak memerlukan antibiotik

6. NO cough suppressant. Jangan mengkonsumsi obat penekan refleks batuk antitusif (seperti
DMP). Anehnya, anak kita sering mendapatkan obat racikan / puyer yang salah satu
kandungannya codein (sejenis narkotika) yang tidak diketahui manfaatnya.

Pada dasarnya, TIDAK ADA yang namanya obat batuk itu.

Juga tidak ada obat pencair dahak. Cari pencetusnya !

Selasa, 20 April 2010

Lagu Kenangan Camelia Ebiet G Ade

Ebiet G Ade adalah penyanyi favorite saya...(Kapan nih mas Ebiet lounching album lagi...?) alunan lagunya lengkap cerita lagunya punya makna bahkan mungkin ada kemiripan kejadian..tapi tak apalah..ada beberapa lagu yang belum pernah seorang musisi mencipta rantaian lagu yang saling berkaitan hingga empat..simak lagu Camelia.
Untuk mengulangi nostalgia...bolehlah kita dengarkan lagunya dengan download disini..tapi saya sarankan beli kaset atau cdnya aja ya....
1. CAMELIA I
2. CAMELIA II
3. CAMELIA III
4. CAMELIA IV
Untuk melengkapi nyanyinya nih liriknya....
Lirik lagu Ebiet G Ade
Camelia I

Dia Camelia
puisi dan pelitamu
kau sejuk seperti titik embun membasahi daun jambu
di pinggir kali yang bening
sayap-saayapmu kecil lincah berkeping
seperti burung camar
terbang mencari tiang sampah
tempat berpijak kaki dengan pasti
mengarungi nasibmu
mengikuti arus air berlari
dia Camelia
engkaukah gadis itu
yang selalu hadir dalam mimpi-mimpi di setiap tidurku
datang untuk hati yang kering dan sepi
agar bersemi lagi
hmm … bersemi lagi
kini datang mengisi hidup
ulurkan mesra tanganmu
bergetaran rasa jiwaku
menerima harum namamu
Camelia oh Camelia
Camelia oh Camelia
Camelia oh Cameli

Camelia II

Gugusan hari-hari
Indah bersamamu Camelia
Bangkitkan kembali
Rinduku mengajakku kesana
Inginku berlari
Mengejar seribu bayangmu Camelia
Tak peduli kau kuterjang
Biar pun harusku tembus padang ilalang
Tiba-tiba langkahku terhenti
Sejuta tangan telah menahanku
Ingin kumaki mereka berkata
Tak perlu kau berlari
Mengejar mimpi yang tak pasti
Hari ini juga mimpi
Maka biarkan ia datang
Di hatimu… di hatimu…

Camelia III

Di sini dibatu ini
Akan kutuliskan lagi
Namaku dan namamu
Maafkan bila waktu itu
Dengan tuliskan nama kita
Kuanggap engkau berlebihan
Sekarang setelah kau pergi
Kurasakan makna tulisanmu
Meski samar tapi jelas tegas
Engkau hendak tinggalkan kenangan
Dan kenangan
Disini kau petikkan kembang
Kemudian engkau selitkan
Pada tali gitarku
Maafkan bila waktu itu
Kucabut dan kubuang
Kau pungut lagi dan kau bersihkan
Engkau berlari sambil menangis
Kau dakap erat kembang itu
Sekarang baru aku mengerti
Ternyata kembangmu kembang terakhir
Yang terakhir
Oh Camelia, katakanlah ini satu mimpiku
Oh oh oh oh oh
Camelia, maafkanlah segala silap dan salahku
Disini dikamar ini
Yang ada hanya gambarmu
Kusimpan dekat dengan tidurku
Dan mimpiku


Lirik Lagu
Camelia 4

Senja hitam ditengah ladang
Dihujung permatang engkau berdiri
Putih diantara ribuan kembang
Langit diatas rambutmu
Merah tembaga
Engkau memandangku
Bergetar bibirmu memanggilku
Basah dipipimu air mata
Kerinduan, kedamaian oh

Batu hitam diatas tanah merah
Disini akan kutumpahkan rindu
Kugenggam lalu kutaburkan kembang
Berlutut dan berdoa
Syurgalah ditanganmu, Tuhanlah disisimu
Kematian adalah tidur panjang
Maka mimpi indahlah engkau
Camellia, Camellia oh

Pagi, engkau berangkat hati mulai membatu
Malam, kupetik gitar dan terdengar
Senandung ombak dilautan
Menambah rindu dan gelisah
Adakah angin gunung, adakah angin padang
Mendengar keluhanku, mendengar jeritanku
Dan membebaskan nasibku
Dari belenggu sepi

Download Pedoman Penyusunan Portofolio Sertifikasi Guru 2010

Sertifikasi guru yang marak beberapa tahun belakangan ini merupakan wujud dan kepedulian Pemerintah pada sumber daya pendidikan dalam hal ini Guru dan Dosen. sertifikasi dimungkinkan dengan beberapa syarat dan kuota jumlah guru dan dosen yang akan disertifikasi pada tahun anggaran berjalan sehingga ini akan memberikan ruang antri dan tunggu bagi guru dan dosen sesuai dengan lama mengajar. untuk penyusunan portofolio sertifikasi diberikan pedoman penulisan, dan berbagai ketentuan teknis dan non teknis dalam rangka sertifikasi. untuk memudahkan penyusunan portofolio sertifikasi guru tahun 2010 silahkan anda mendownload BUKU PEDOMAN PENYUSUNAN SERTIFIKASI 2010

Selasa, 06 April 2010

Menyisipkan Emotikon Pada Chatt Facebook


Uh...gara-gara anak-anak..Om..bisa enggak bikin kayak gini? (maksudnya pamer kalo bisa nyisipin gambar saat chatt di Facebook)..langsung kujawab..emang kalo yang animasi situ bisa ?..eh dia diam dan masih kirim itu gambar-gambar saat chatt nah....ini om bales..kiriman animasi ikon dan diem deh seribu basa..gimana caranya om...?caranya masuk pada penyedia animasi emotikon yaitu facemoods..setelah masuk dapetin deh ...dengan cara download sofware facemoods dan install dikomputermu..nah ini hanya bisa ditambahkan ke pengguna fasilitas browser Mozilla Fire Fox...nah sat chatt ada gambar ikon didut bawah kiri kotak chatt klik disitu agar muncul emotikon animasi dari facemood klik gambarnya dan tambahkan sedikit teks..enter deh maka penerima yang menggunakan facemoods juga akan menerima pesan animasi emotikon kita..tambah menarik kan jadinya..seru lagi..hemmmm