Dengan Pendidikan Agama Implemetasi Sain dan Teknologi Akan Terarah Kepada Kebaikan Masyarakat dan Bangsa

Senin, 28 Desember 2009

Materi TIK KTSP 2006 3 SD

KELAS 3 (Tiga)

BAB. I. MENGENAL PERANGKAT LUNAK PENGOLAH KATA

DAN

BAB II. MENGGUNAKAN MS WORD

  1. perangkat lunak disebut juga….

a.hardware b.software c.user d.brainware

  1. baris paling atas pada jendela word disebut……..

a.status bar b.Title bar c.Tool bar d. drawing bar

  1. tombol disebut………

a.restore button b. size button c. close button d. replace button

  1. deretan perintah file, edit, view, insert, format, tools, table, windows dan help disebut……….

a.menu bar b. tool bar c. status bar d. title bar

  1. tempat deretan ikon disebut……….

a.menu bar b. tool bar c. status bar d. title bar

  1. baris paling bawah pada jendela word disebut…….

a.menu bar b. tool bar c. status bar d. title bar

  1. yang termasuk menubar adalah…………

a.exit b. edit c. close d. save

  1. scroll bar digunakan untuk………….

a.menggulung jendela ms word b.menutup program

c.menampilkan bagian lain dari ms word d. a dan c yang benar

  1. button close digunakan untuk……….jendela ms word

a.menutup b.memperkecil

c.memperbesar d. restore

  1. button minimize digunakan untuk………… jendela ms word

a.menutup b.memperkecil

c.memperbesar d. restore

  1. mengembalikan ukuran jendela word ke posisi sebelum perubahan dengan button……….

a.menutup b.memperkecil

c.memperbesar d. restore

  1. mengetik satu paragraph selesai kemudian tekan………

a.back spce b. space c.enter d. shift

  1. adalah ikon untuk mengetik rata…………

a.kiri b.kanan c.tengah d. kanan kiri

  1. adalah ikon untuk mengetik rata………

a.kiri b.kanan c.tengah d. kanan kiri

  1. adalah ikon untuk mengetik rata………

a.kiri b.kanan c.tengah d. kanan kiri

  1. adalah ikon untuk mengetik rata………

a.kiri b.kanan c.tengah d. kanan kiri

  1. mengaktifkan menu dengan keyboard, menekan tombol alt + huruf…………

a.yang di tebalkan b.yang di miringkan

c.yang di coret d. yang digaris bawahi

  1. berpisah dengan ms word 2003 dari menu file pilih………..

a.close b.exit c.open d. new

  1. berpisah dari ms word 2003 dengan keyboard menekan tombol alt +…….

a.F2 b.F4 c.F5 d. F6

20. ikon-ikon berderet pada baris yang dinamakan……….

a.toolkit b.toolbar c.toolbox d. color box

21. adalah ikon untuk…………huruf

a.menebalkan b.memiringkan c. menggaris bawahi d. merubah jenis

22. mengcopy dengan ikon……………

a. b. c. d.

23. menyimpan dengan ikon…………

a. b. c. d.

24. adalah ikon untuk ………….huruf

a.menebalkan b.memiringkan c. menggaris bawahi d. merubah jenis

25. adalah ikon untuk…………huruf

a.menebalkan b.memiringkan c. menggaris bawahi d. merubah jenis

  1. memberi jarak antar kata dengan menekan tombol……………
  2. tombol yang terdiri dari huruf dan angka disebut tombol…………
  3. fluctuation key adalah sebutan untuk tombol………
  4. susunan keyboard standar disebut susunan……
  5. menyimpan dan keluar program dengan menekan tombol alt +………
  6. shift +………digunakan untuk membuat blok pada teks
  7. cara membuka word art klik insert pilih picture pilih…………
  8. page setup terdapat pada menu……….
  9. menampilkan toolbar drawing caranya klik view pilih toolbar pilih………..
  10. posisi kertas dinamakan…………..
  11. adalah ikon untuk mengetik rata…………
  12. paper size adalah……..kertas
  13. top margin adalah batas………..ketikan
  14. left margin adalah batas…………ketikan
  15. right margin adalah batas…………ketikan
  16. bottom margin adalah batas…………ketikan
  17. save adalah perintah untuk………….
  18. italic adalah cetakan huruf……….
  19. gaya huruf disebut juga font……..
  20. bold adalah cetakn huruf……………
  21. bingkai dalam pengetikan word disebut ………….and……………….
  22. adalah ikon untuk mengetik rata………
  23. adalah ikon untuk mengetik rata………
  24. adalah ikon untuk mengetik rata………
  25. berpisah dari ms word 2003 dengan keyboard menekan tombol alt +…….
  26. ikon-ikon berderet pada baris yang dinamakan……….
  27. keluar dari program tertentu adalah fungsi dari tombol………….
  28. mengakhiri baris/paragraph adalah fungsi dari tombol…………..
  29. menghapus sebelah kiri kursor adalah fungsi dari tombol………….
  30. untuk memberi jarak ketikan dengan menekan tombol………….
  31. sebutkan 2 contoh macam-macam toolbar!
  32. ikon digunakan untuk apa ?
  33. ikon digunakan untuk apa ?
  34. tuliskan cara membuka ms word 2003 !
  35. apa yang dimaksud dengan ikon !
  36. portrait adalah posisi kertas yang bagaimana ?
  37. landscape adalah posisi kertas yang bagaimana ?
  38. bagaimana cara memasang bingkai pada ketikan ?
  39. sebutkan 3 macam tab border and shading ?
  40. art pada tab page border digunakan untuk memilih apa ?
  41. apa yang dimaksud dengan font size?
  42. apa yang dimaksud dengan font color ?
  43. bagaimana cara keluar dari program ms word menggunkan tombol hot key ?

BAB. III. MEMBUAT DOKUMEN DENGAN TABEL DAN GAMBAR

  1. TABEL terdiri atas baris dan kolom
  2. jalur atau arah vertical disebut kolom atau column
  3. jalur atau arah horizontal disebut baris atau row
  4. pertemuan antara baris dan kolom disebut sel atau cell
  5. membuat table dengan cara klik ikon table atau klik menu table kemudian pilih insert table.
  6. numbers of column artinya jumlah kolom
  7. numbers of row artinya jumlah baris
  8. jenis-jenis bentuk table terdapat pada kotak auto format.
  9. gambar symbol dari cuaca terdapat pada font webdings
  10. program browser pada Microsoft adalah internet explorer
  11. clipart adalah kumpulan gambar atau foto yang disediakan oleh computer.
  12. ikon insert clipart terdapat pada toolbar drawing.
  13. clipart terdapat pada menu insert > picture > clipart.
  14. Merubah ukuran gambar dengan cara meletakkan kursor pada sudut gambar hingga muncul tanda panah kemudian geser kearah dalam untuk mengecilkan dan kearah luar untuk memperbesar gambar.
  15. Text wrapping square artinya ketikan membentuk pola persegi atau kotak atas gambar.
  16. Text wrapping behind text artinya gambar berada dibelakang ketikan.
  17. Text wrapping infront of text artinya gambar akan menutupi ketikan.
  18. Text wrapping top and bottom artinya ketikan akan berada diatas dan dibawah gambar.

LATIHAN SOAL

1. TABEL terdiri atas……. Dan……..

  1. jalur atau arah vertical disebut ………
  2. jalur atau arah horizontal disebut ………
  3. pertemuan antara baris dan kolom disebut ……….
  4. membuat table dengan cara klik ikon table atau klik menu table kemudian pilih ……...
  5. numbers of column artinya jumlah………
  6. numbers of row artinya jumlah ……..
  7. jenis-jenis bentuk table terdapat pada kotak ………...
  8. gambar symbol dari cuaca terdapat pada font …………….
  9. program browser pada Microsoft adalah ……………….
  10. ………….. adalah kumpulan gambar atau foto yang disediakan oleh computer.
  11. ikon insert clipart terdapat pada toolbar ……….
  12. clipart terdapat pada menu ………….
  13. Merubah ukuran gambar dengan cara meletakkan kursor pada ………..gambar .
  14. Text wrapping square artinya ketikan membentuk pola ……………atas gambar.
  15. Text wrapping behind text artinya gambar berada …………… ketikan.
  16. Text wrapping infront of text artinya gambar akan ………….. ketikan.
  17. Text wrapping top and bottom artinya ketikan akan berada……………………dan …………gambar.

BAB.IV. MENGENAL PERANGKAT LUNAK PRESENTASI

  1. PRESENTASI adalah memberikan penjelasan tentang suatu hal menggunakan alat Bantu baik peraga ataupun teknologi untuk membuat orang lain mengerti dengan jelas.
  2. ada 3 hal utama yang harus diingat saat presentasi yaitu : 1. salam pembuka, 2. isi materi dan 3. ucapan terima kasih atau salam penutup.
  3. sarana atau alat Bantu dalam presentasi antara lain : layar atau slide, ohp(over head projector), in focus atau dlp (digital light projection). Papan tulis dan spidol (whiteboard)
  4. program aplikasi untuk membuat presentasi adalah Microsoft powerpoint.
  5. cara membuka powerpoint, klik start pilih all programs pilih Microsoft office pilih Microsoft office powerpoint 2003
  6. lembar untuk menulis pada powerpoint disebut slide
  7. ikon adalah gambar kecil yang mempunyai arti
  8. contoh ikon adalah save, new, print
  9. slide pane berguna untuk menampilkan slide yang dipilih atau digunakan.
  10. task pane digunakan untuk mempermudah akses perintah yang digunakan.
  11. cara menampilkan task pane yaitu klik view klik task pane
  12. menampilkan taskpane dengan keyboard klik ctrl + F1
  13. menampilkan slide yang sudah dibuat dengan klik view pilih slide show
  14. slide show dengan keyboard menekan tombol F5

LATIHAN SOAL :

  1. memberikan penjelasan tentang suatu hal menggunakan alat Bantu baik peraga ataupun teknologi untuk membuat orang lain mengerti dengan jelas disebut………...
  2. sebutkan 3 hal utama yang harus diingat saat presentasi !
  3. sebutkan sarana atau alat Bantu dalam presentasi yang kamu ketahui !
  4. program aplikasi untuk membuat presentasi adalah Microsoft……………….
  5. tuliskan cara membuka powerpoint!
  6. lembar untuk menulis pada powerpoint disebut…………………..
  7. ikon adalah gambar kecil yang………………..
  8. tuliskan contoh ikon !
  9. …………….. berguna untuk menampilkan slide yang dipilih atau digunakan.
  10. …………….. digunakan untuk mempermudah akses perintah yang digunakan.
  11. cara menampilkan task pane yaitu klik view klik ……………
  12. menampilkan taskpane dengan keyboard klik ctrl + ……….
  13. menampilkan slide yang sudah dibuat dengan klik view pilih ……………….
  14. slide show dengan keyboard menekan tombol F………..

BAB. V. MEMBUAT PRESENTASI DENGAN POWERPOINT.

  1. Membuka power point caranya klik start pilih all programs pilih Microsoft office pilih Microsoft power point 2003
  2. click to add title adalah kotak untuk menulis judul
  3. click to add subtitle adalah kotak untuk menulis sub judul
  4. Menyisipkan lembar baru atau slide baru adalah dengan klik insert pilih new slide
  5. Menggunakan keyboard untuk menyisipkan slide baru dengan menekan ctrl + N
  6. Merubah warna huruf dan ukuran serta bentuk huruf caranya sama dengan menggunakan Microsoft word.
  7. Mewarnai slide caranya klik format pilih background maka akan muncul jendela background.
  8. pada jendela background kotak apply to all artinya semua slide akan diberi warna sesuai yang kamu pilih.
  9. Kotak apply artinya hanya slide yang dipilih yang akan diwarnai.
  10. Kotak preview untuk melihat hasil pemberian warna pada background yang sedang kamu lakukan.
  11. membuka presentasi yang sudah ada klik file pilih open atau ctrl + o
  12. Cara menyimpan slide atau file klik file pilih save atau save as. Ketik nama file pada file name dan klik save.
  13. Menutup presentasi dengan klik file pilih close atau ctrl + W
  14. Mengakhiri Microsoft powerpoint dengan klik file pilih exit atau alt + F4
  15. Memilih atau berpindah slide dapat menggunakan tombol next slide atau previous slide dan juga bisa menggunakan tombol pgup dan pgdn atau klik slide pada area outline.
  16. Menghapus text caranya dengan klik teks yang akan dihapus tekan del atau klik edit pilih clear.
  17. Memindah text caranya klik text yang akan dipindah klik edit pilih cut kemudian klik edit pilih paste.
  18. Cara mengcopy text caranya klik text yang akan dipilih kemudian klik edit pilih copy kemudian klik edit pilih paste.
  19. Untuk menjalankan slide show dengan menekan tombol F5atau klik view pilih slide show.
  20. Untuk pindah slide pada slide show caranya tekan tombol spacebar, enter atau klik kiri mouse.
  21. Tekan huruf N untuk pendah ke slide berikutnya. Tekan huruf P untuk pindah ke slide sebelumnya.
  22. Tekan tombol ESC untuk mengakhiri tampilan slide show.
  23. Klik view pilih notes pages digunakan untuk menempatkan catatan atau keterangan bawah slide.
  24. Toolbar bold digunakan untuk menampilkan huruf tebal
  25. Toolbar italic digunakan untuk menampilkan huruf miring
  26. Toolbar font size digunakan untuk mengubah ukuran huruf
  27. Toolbar increase font size digunakan untuk memperbesar ukuran huruf
  28. Toolbar decrese font size digunakan untuk memperkecil ukuran huruf
  29. Effects khusus pada teks terdapat pada format>font. Macam-macam effects teks antara lain : under lain digunakan untuk menggaris bawahi teks, shadow untuk menampilkan teks dengan bayangannya, emboss untuk menampilkan teks seperti terpahat atau terukir, superscript untuk meletakkan teks lebih keatas, subscript untuk menampilkan teks lebih kebawah.
  30. Mengatur perataan tampilan teks terdapat pada format>alignment. Ada 4 perataan teks yaitu : rata kiri(left), kanan(right), tengah(center) dan kiri kanan rata(justify).
  31. Menggunakan paragraph berbutir atau bullet dan paragraph bernomor atau numbering terdapat pada menu Format>bullets and numbering.
  32. Mengatur jarak spasi terdapat pada menu format>line spacing.
  33. Mengganti layout slide terdapat pada menu format>slide layout
  34. Memilih latar belakang slide terdapat pada menu Format>background.
  35. Mengubah ukuran tampilan jendela kerja presentasi dengan klik menu view pilih zoom.
  36. Menyisipkan tanggal dan waktu dengan klik menu insert pilih date and time.
  37. Menyisipkan wordart dengan klik menu insert pilih picture pilih wordart.

LATIHAN SOAL :

  1. tuliskan cara Membuka power point !
  2. click to add title adalah kotak untuk menulis ……………
  3. click to add subtitle adalah kotak untuk menulis ……………….
  4. Menyisipkan lembar baru atau slide baru adalah dengan klik insert pilih ……………..
  5. Menggunakan keyboard untuk menyisipkan slide baru dengan menekan ctrl + …………
  6. Mewarnai slide caranya klik format pilih ……………….
  7. pada jendela background kotak apply to all artinya ………….. akan diberi warna sesuai yang kamu pilih.
  8. Kotak apply artinya hanya slide yang …………. yang akan diwarnai.
  9. membuka presentasi yang sudah ada klik file pilih ………….
  10. membuka presentasi yang sudah ada juga dapat menggunakan tombol ctrl +………..
  11. Cara menyimpan slide atau file klik file pilih…………...
  12. Menutup presentasi dengan klik file pilih ………………….
  13. menutup presentasi juga bisa dengan ctrl + …………………
  14. Mengakhiri Microsoft powerpoint dengan klik file pilih …………………..
  15. mengakhiri powerpoint juga bisa dengan tombol alt + F………….
  16. tombol next slide atau previous slide dan tombol pgup dan pgdn atau klik slide pada area outline digunakan untuk…………..slide.
  17. Menghapus text caranya dengan klik teks yang akan dihapus tekan…………………
  18. klik edit pilih clear digunakan untuk…………………teks.
  19. Memindah text caranya klik text yang akan dipindah klik edit pilih cut kemudian klik edit pilih ………….
  20. Cara mengcopy text caranya klik text yang akan dipilih kemudian klik edit pilih………...
  21. Untuk menjalankan slide show dengan menekan tombol F…………
  22. klik view pilih slide show digunakan untuk…………..slide show.
  23. Untuk……………..slide pada slide show caranya tekan tombol spacebar, enter atau klik kiri mouse.
  24. Tekan huruf N pada slide show untuk pindah ke slide ………..
  25. Tekan huruf P pada slide show untuk pindah ke slide ………...
  26. Tekan tombol ESC untuk …………..tampilan slide show.
  27. Klik view pilih notes pages digunakan untuk menempatkan ……………..bawah slide.
  28. Toolbar bold digunakan untuk menampilkan huruf …………….
  29. Toolbar italic digunakan untuk menampilkan huruf ……………
  30. Toolbar font size digunakan untuk mengubah …………. huruf
  31. Toolbar increase font size digunakan untuk ……………….ukuran huruf
  32. Toolbar decrese font size digunakan untuk ………………. ukuran huruf
  33. Effects khusus pada teks terdapat pada format>…………………….
  34. untuk menggaris bawahi teks menggunakan effect…………………
  35. untuk menampilkan teks dengan bayangannya menggunakan effect………………
  36. untuk menampilkan teks seperti terpahat atau terukir menggunakan effect………………….
  37. untuk meletakkan teks lebih keatas menggunakan effect……………….
  38. menampilkan teks lebih kebawah menggunakan effect……………..
  39. Mengatur perataan tampilan teks terdapat pada menu format>…………………
  40. sebutkan 4 perataan teks !
  41. justify adalah teks rata sebelah………………..
  42. Menggunakan paragraph berbutir atau bullet dan paragraph bernomor atau numbering terdapat pada menu Format>…………………….
  43. pada menu format>line spacing digunakan untuk mengatur…………….
  44. pada menu format>slide layout digunakan untuk mengganti……………………….slide
  45. pada menu Format>background digunakan untuk memilih……………………..slide.
  46. Mengubah ukuran tampilan jendela kerja presentasi dengan klik menu view pilih ………...
  47. klik menu insert pilih date and time digunakan untuk menyisipkan………………….dan…………..
  48. Menyisipkan wordart dengan klik menu insert pilih picture pilih……………….

BAB VI. MEMBUAT PRESENTASI DENGAN GAMBAR, TABEL DAN DIAGRAM

  1. Insert Clip art digunakan untuk menyisipkan gambar.
  2. Insert chart digunakan untuk menyisipkan grafik
  3. Insert table digunakan untuk menyisipkan table
  4. Insert diagram and organization chart untuk menyisipkan diagram dan bagan organisasi.

LATIHAN SOAL

  1. Insert Clip art digunakan untuk menyisipkan …………………..
  2. Insert chart digunakan untuk menyisipkan ………………………..
  3. Insert table digunakan untuk menyisipkan …………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

itu pendapat Ala Zani..silahkan masukkan komentar anda...