Dengan Pendidikan Agama Implemetasi Sain dan Teknologi Akan Terarah Kepada Kebaikan Masyarakat dan Bangsa

Kamis, 22 April 2010

Batuk Pilek Pada Anak

COUGHS (BATUK)
JANGAN PANIK..KAWATIR BOLEH..

Lihat betapa cerianya anak-anak kita saat batuk dan pilek hilang dari mereka...namun bila batuk dan pilek datang aduh..kasihan..aktifitasnya jadi terganggu...namun karena demi si kecil saya bersabar untuk mencari tahu obat dan penyebab serta bagaimana pencegahan batuk dan pilek anak...

Jika kita membaca literaratur kedokteran, sering diungkapkan bahwa batuk merupakan suatu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan sesuatu yang mengganggu saluran nafas kita, seperti dahak, riak, benda asing (kacang, dsb). Batuk sebagai anugerah terindah dari Tuhan sering disikapi dengan tidak bijak oleh mereka yang tidak memahaminya.

Andaikan kita perhatikan sejenak para pada penderita stroke misalnya. Karena adanya gangguan dalam otak, refleks batuknya terganggu. Akibatnya dahak menumpuk di paru2 dan ybs umumnya mengalami pneumonia. Hingga berefek fatal kematian pada penderita tsb.

Batuk bukanlah momok. Melalui batuk, kita tetap dapat bernafas, karena lendir yang mengganggu saluran nafas akan dikeluarkan saat batuk. Dengan batuk, kita terhindari dari bahaya tersedak benda asing yang masuk ke saluran nafas kita. Yang terpenting yang harus kita lakukan adalah mencari tahu apa penyebab batuk. Infeksi kah atau bukan infeksi.

Pada anak, batuk umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau oleh alergi.Batuk akibat infeksi virus flu misalnya bisa berlangsung sd 2 minggu. Bahkan lebih lama lagi bila anak kita sensitif atau alergi, atau bila di rumah ada anak lain yang lebih besar yang juga sedang sakit. Batuk karena alergi juga bisa berlangsung lama atau hilang timbul selama pencetus alerginya tidak diatasi. Alergi yang dimaksud bisa dalam bentuk alergi hidung (Allergic rhinitis), asma, alergi suatu zat dari lingkungan. Penyebab lainnya adalah sinusitis, reflux, pneumonia.

Tatalaksana :

MENCARI PENYEBAB BATUK.

Jika batuk disebabkan oleh produksi dahak yang berlebihan, maka upaya yang perlu dilakukan adalah mengurangi produksi lendir. Melalui cara :

1. Minum banyak yang hangat misalnya lemon

2. Jangan ada asap rokok

3. Ruangan jangan kering (Moist air - kamar mandi - buka keran air panas biarkan beberapa
lama sehingga ruangan, atau taruh satu ember air panas mendidih, atau pasang humidifier)

4. Agar anak lebih nyaman, tidurkan dengan bantal agak tinggi

5. NO - ANTIBIOTICS. Ingat ! Kebanyakan batuk tidak memerlukan antibiotik

6. NO cough suppressant. Jangan mengkonsumsi obat penekan refleks batuk antitusif (seperti
DMP). Anehnya, anak kita sering mendapatkan obat racikan / puyer yang salah satu
kandungannya codein (sejenis narkotika) yang tidak diketahui manfaatnya.

Pada dasarnya, TIDAK ADA yang namanya obat batuk itu.

Juga tidak ada obat pencair dahak. Cari pencetusnya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

itu pendapat Ala Zani..silahkan masukkan komentar anda...