Dengan Pendidikan Agama Implemetasi Sain dan Teknologi Akan Terarah Kepada Kebaikan Masyarakat dan Bangsa

Minggu, 18 Oktober 2009

Defragmentasi Harddrive

Apa itu Defragmentasi

Area data harddrive terbagi kedalam gumpalan-gumpalan yang dapat dimanage dimana setiap gumpalan-gumpalan ini memiliki ukuran tertentu. Masalahnya ada beberapa file anda yang tidak sama ukurannya sehingga ketika word dokumen hanya membutuhkan 3 gumpalan ruang ternyata sebuat foto digital membutuhkan 500-100 gumpalan.

Ketika anda menghapus dan memindahkan file-file, maka gumpalan ruang menjadi kosong, namun gumpalan ini tidak memiliki ruang yang sama dengan raungan yang akan ditulis sehingga file tersebut akan ditempatkan di tempat lain yang kosong. Hasil akhirnya adalah data yang seharusnya ditempatkan bersama-sama menjadi terpisah dan tersebar kemana-mana.

“semua data anada dipindahkan ke dalam area disk yang kosong kemudian diurutkan kembali sehingga file-file yang erprioritas tinggi ada pada start drive”

Konsekuensinya kepala harddrive yang membaca dan menulis informasi harus trus berganti-ganti area yang berbeda-beda dari permukaan disk sehingga akan meningkan waktu akses file dan memperlambat sistem anda.

Ketika anda mendefragmen drive anda, maka windows akan mengurutkan dan memprioritaskan data yang sering anda gunakan dan menempatkan data pada tempat-tempat yang kosong sehingga data akan tersusun rapi dari yang sering dipakai hingga dari ruangan padat ke ruangan kosong. Proses ini memastikan file anda tidak terpisah-pisah.

dipetik dari sumber LAPTOP Magazine Vol. 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

itu pendapat Ala Zani..silahkan masukkan komentar anda...